Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Jadi Role Model Efektif di Kantor? Tiru Kebiasaan Ini

Etika dalam bekerja. Sumber: FreepikEtika dalam bekerja. Sumber: Freepik

Topcareer.id – Apapun bidang pekerjaanmu, ketika kamu menjabat sebagai pimpinan, maka otomatis kamu akan jadi panutan bagi para staf.

Sebagai contoh, jika kamu ingin karyawan memperlakukan satu sama lain dengan hormat, kamu harus mencontohkan perilaku yang sopan. Tidak hanya kebijakan, tindakan kamu pun mempengaruhi kinerja staf.

Dikutip dari readytrainingonline.com, Kamis (30/01/2020), untuk menjadi panutan yang efektif, kamu harus mencontohkan karakteristik ini setiap hari.

Kerja keras
Teladan yang efektif akan bekerja keras dan selalu siap ketika staf membutuhkan bantuan. Mereka juga punya komitmen yang tinggi terhadap tujuan perusahaan. Tunjukkan kepada karyawan bahwa mentalitas dan pola pikir seperti “itu bukan pekerjaan saya” tidak diperbolehkan.

Kepercayaan
Tunjukkan pada tim bahwa kamu dapat dipercaya dengan selalu bersikap adil, jujur, dan konsisten. Jangan terlibat dalam gosip, dan jangan menoleransi gosip. Karyawan perlu tahu kamu memiliki mereka, dan kamu harus mengambil setiap kesempatan untuk membuktikannya.

Akuntabilitas
Seorang role model bertanggung jawab atas tindakan mereka dan mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama. Jika kamu melakukan kesalahan, akui saja dan beri tahu tim bagaimana kamu berencana memperbaiki situasi. Jangan pernah menyalahkan orang lain atau membuat alasan.

Menghormati
Selalu tunjukkan rasa hormat kepada semua individu. Rasa hormat sangat penting dalam setiap situasi. Jangan mengkritik karyawan di depan umum, dan jaga agar feedback terfokus pada tugas yang ada.

Bersikap positif
Sebagai seorang manajer, kamu harus siap menghadapi situasi stres yang tinggi. Tim akan memperhatikan. Jika kamu bereaksi berlebihan atau mudah kewalahan, staf akan cenderung melakukan hal yang sama. Tunjukkan perilaku positif agar staf juga berlaku sama

Tekun dan gigih
Tekun dan gigihlah dalam bekerja. Jangan meninggalkan tugas ketika masa sulit, dekati tim dengan tularkan tekad yang kuat untuk menyelesaikannya bersama

Berintegritas
Kamu harus mengikuti setiap aturan yang kamu harapkan akan diikuti staf. Tepat waktu, tetap produktif, dan mengikuti semua kebijakan perusahaan sangat penting untuk menjadi panutan yang efektif.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply