Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lulus Kuliah Sulit Dapat Kerja? Lakukan Hal Ini

Sumber foto: Collegegrad.comIlustrasi (Sumber foto: Collegegrad.com)

Topcareer.id – Lulusan perguruan tinggi meninggalkan kampus dengan gelar di tangan mereka dan antusiasme untuk karier yang mereka impikan.

Tetapi, kadang-kadang memulai karier itu tidak selalu berjalan sesuai rencana. Di sinilah kamu harus aktif mencari tahu mengapa kamu kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Mengutip learnhowtobecome.org, Jumat (31/01/2020), mulailah dengan mencari tahu kesalahan paling umum apa saja yang telah kamu lakukan.

Setelah itu, ikuti tips berikut untuk meningkatkan peluangmu untuk dipekerjakan.

Networking
Sekitar 80 persen pekerjaan tidak pernah diiklankan. Jaringan adalah salah satu cara terbaik untuk mencarinya. Mulailah dengan anggota keluarga, teman, tetangga, untuk menanyakan peluang dan mendapatkan petunjuk.

Lakukan riset pasar
Setelah kamu memiliki tujuan kerja, kamu perlu meneliti apa yang dicari perusahaan perekrutan. Penuhi keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan agar bisa kamu masukkan dalam resume, surat pengantar dan jawabanmu selama wawancara.

Perluas pencarian
Ini bisa berarti mempertimbangkan pekerjaan di luar jurusan kuliah. Meskipun keputusan ini mungkin tidak ideal, tetapi ini bisa menjadi titik tolak untuk mulai memasuki dunia karier.

Gunakan komputer, bukan telepon
Untuk komunikasi apa pun yang berhubungan dengan pencarian pekerjaan, gunakan komputer kamu. Mengapa? Membuatnya melalui telepon memiliki risiko kesalahan yang tinggi.

Tulislah di Microsoft Word terlebih dahulu, hapus semua kesalahan ketik, lalu copy dan paste ke dalam bentuk komunikasi yang akan kamu pakai. Pemformatan formal dan tata bahasa sangat penting.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply