Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Oymyakon, Desa Terdingin di Planet Bumi

Topcareer.id – Oymyakon, Rusia, sebuah desa dengan jumlah penduduk di bawah 500 jiwa. Lokasinya terletak di timur laut Siberia, dianggap sebagai kota berpenduduk permanen paling dingin di dunia

Walaupun rekor suhu terdingin yang diukur di Bumi adalah -89.2 derajat celsius di bawah nol (21 Juli 1983) di stasiun Vostok (stasiun penelitian milik Rusia) yang terletak di inland princess Elizabeth land kutub selatan, Antartika. Oymyakon tetap dianggap wilayah terdingin dimasa sekarang.

Pada 6 Februari 1933, seorang pengamat di Oymyakon mengukur suhu -32 derajat Celsius. Ini adalah 10 derajat lebih dingin daripada rekor dingin yang tercatat di Amerika, yakni -26,5 derajat Celsius di Alaska pada 23 Januari 1971.

Menurut Weather Underground, Christopher Burt (Wunderblog), suhu sedingin -32 derajat Celsius telah diukur di Oymyakon. Burt mengatakan tidak ada catatan suhu naik di atas nol derajat F antara 1 Desember hingga 1 Maret.

Mengutip weather.com, Rabu (05/02/2020), di Oymyakon dinginnya arktik merupakan fakta kehidupan yang harus dijalani. Orang mengembangkan berbagai trik untuk bertahan hidup. Kebanyakan dari mereka menggunakan bangunan tambahan untuk kakus karena pipa dalam ruangan cenderung membeku. Mobil disimpan di garasi berpemanas.

Orang-orang memiliki pola makan karnivora. Daging rusa, daging mentah dari ikan beku, dan es batu darah kuda dengan makaroni adalah beberapa makanan lezat lokal.

Saking dinginnya suhu di Oymyakon, jika kamu menyiramkan air mendidih ke udara, air tersebut akan langsung membeku dalam waktu sekejap saat air masih di udara.

Ada alasan mengapa Oymyakon punya suhu dingin yang awet:

  • Terletak di lembah sungai
    Udara dingin lebih padat dan mengendap di dataran rendah pada malam hari.
  • Dikelilingi oleh pegunungan
    Udara dingin mengalir menuruni lereng pegunungan dan terperangkap di lembah.
  • Terletak jauh di lintang utara
    Pada kira-kira 63 derajat lintang utara, hanya ada sekitar 3 jam sinar matahari di sekitar titik balik matahari pada saat musim dingin.
  • Salju yang persisten
    Walaupun ada curah hujan ringan, di musim dingin salju akan tetap turun terus menerus.
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply