Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Stres di Kantor? Lihat Tanaman Selama 3 Menit

Ilustrasi. (dok. SD.pm)

Topcareer.id – Karyawan saat ini dianggap lebih mudah stres karena beban kerja yang lebih berat. Untuk mengatasi hal itu, banyak perusahaan yang rela merombak kantor mereka dengan menyiapkan ruangan sekedar untuk berolahraga, bermain hingga beristirahat.

Namun, hal itu ternyata tidak cukup untuk mengatasi rasa stres karyawan. Dikutip dari Studtfinds.org Rabu (5/2/2020), sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hyogo di Jepang sampai menyelidiki manfaat tanaman indoor bagi karyawan yang menghabiskan sebagian waktu di dalam kantor.

Hasilnyapun mengatakan bahwa tanaman yang ditaruh di pot kecil di sekitar meja ternyata dapat mengatasi stres karyawan.

Baca juga: Tanaman Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas Kamu di Kantor

Dalam penelitian ini, mereka mengamati tingkat stres psikologis dan fisiologis sebelum dan sesudah pot kecil berisikan tanaman tersebut di tempatkan diatas meja mereka masing-masing.

Sebanyak 63 karyawan yang dipilh sebagai responden diminta mengambil istirahat 3 menit sekali setiap mereka mulai merasa sangat lelah bekerja.

Para peneliti menemukan bahwa mayoritas karyawan menunjukkan tingkat denyut nadi yang jauh lebih rendah setelah istirahat tiga menit dan melihat tanaman kecil yang ada di meja mereka. Hal itu membuat karyawan memiliki kekuatan untuk menenangkan perasaan mereka dan menurunkan tingkat stres yang melanda.

Jadi jika kamu merasa stres tiap kali pergi kekantor, cobalah untuk membeli berbagai tanaman kecil untuk diletakan di sekitar meja kamu ya. Selain menghilangkan stres, bukankah akan mempercantik meja kerja kamu? *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply