Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Saran Ahli: Cara Ini Lebih Baik Cegah Korona daripada Pakai Masker

wuhan-biWarga Wuhan, China. (dok. Business Insider)

Topcareer.id – Virus korona baru yang berasal dari Wuhan, China telah menginfeksi lebih dari 20 ribu orang dari seluruh dunia. Waspada akan virus pun ditingkatkan, salah satunya yang menggila adalah permintaan akan masker demi mencegah penyebaran virus.

Dilaporkan The Global Times, beberapa daerah di China bahkan telah memulai sistem lotere untuk membeli masker. Tetapi para ahli kesehatan menekankan bahwa ada cara terbaik bisa tetap sehat dari wabah ini, bahkan lebih murah dan lebih mudah daripada membeli masker.

Cuci tanganmu

Sejauh ini, cuci tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk mencegah lendir menular, atau mengeluarkan dahak dari batuk orang lain yang terinfeksi, memasuki tubuh dan membuatmu sakit. Tidak ada yang mengalahkan tindakan cuci tangan ketika menyangkut virus dari Wuhan ini.

Baca juga: Pesawat yang Angkut WNI dari Wuhan Disterilisasi

“Jika saya bisa mengajarkan satu hal kepada publik terkait pencegah sebagian besar penyakit, pasti saya akan menyuruh mencuci tangan, dan mengajari anak-anak cara mencuci tangan,” kata Dr. Sherlita Amler, profesor tambahan di kesehatan masyarakat New York Medical College dan Komisaris Kesehatan di Westchester County.

“Percaya atau tidak, kebanyakan orang tidak paham betul bagaimana mereka benar-benar harus mencuci tangan. Dan pada kenyataannya, beberapa orang benar-benar mencoba melakukannya tanpa membuat tangan mereka basah,” tambah dia dalam laman Business Insider.

Mencuci tangan secara teratur dapat mengurangi risiko terkena infeksi pernapasan hingga 16%. Mencuci tangan setiap saat sepanjang hari dapat membantu menghentikan penyebaran berbagai jenis bakteri, ragi, dan virus.

Baca juga: Wabah Virus Misterius di Wuhan, China. Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Dunia layanan kesehatan telah mengetahui hal ini sejak tahun 1800-an, ketika dokter dan perawat pertama kali mulai menyadari bahwa jika mereka mencuci tangan lebih sering, lebih sedikit dari pasien mereka yang meninggal.

“Saya pikir aturan umum yang baik adalah kamu harus mencuci tangan setiap kali merasa kotor,” Don Schaffner, seorang profesor ilmu pangan di Rutgers, sebelumnya mengatakan kepada Business Insider.

Jaga jarak dari orang sakit

Suhu air untuk mencuci tangan tidak terlalu menjadi masalah. Yang lebih penting adalah kamu harus menggunakan sabun, dan pastikan juga membersihkan pada bagian bawah kuku.

Cuci tangan yang benar tidak hanya membantu menghentikan penyebaran virus korona, tapi juga  berbagai macam mikroba dan bakteri yang ada di permukaan barang dan tangan. Beberapa strain Staphylococcus, atau staph, “ditemukan di hampir setiap tangan,” sebagaimana ditunjukkan oleh tim peneliti cuci tangan dalam sebuah studi tahun 2004.

Selain mencuci tangan, menjaga jarak 6 kaki dari orang sakit, menutupi batuk, menghindari menyentuh wajah dengan tangan, dan mengenakan masker ketika sakit, dapat membantu menghentikan penyebaran segala jenis penyakit menular, dan virus korona khususnya. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan