Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tipe-Tipe Rekan Kerja di Kantor, Si Lebah Ratu hingga The Martyr

Topcareer.id – Pergi ke kantor setiap hari dan bertemu orang-orang yang sama, maka akan membuatmu perlahan hapal kepribadian masing-masing rekan kerja. Ada yang baik untuk dijadikan panutan sejati, beberapa juga ada yang tampak menghancurkan produktivitas kerja.

Berdasar laman Fairy Godd Boss, berikut beberapa tipe rekan kerja yang kamu temui di kantor dan bagaimana cara menanganinya.

1. Orang yang selalu benar

Mereka selalu memberikan kata-kata terakhir dalam rapat dan menuntut pendapat mereka. Secara alami, orang lain mendukung perilaku ini karena orang ini memancarkan kepercayaan diri. Bahkan jika pekerjaan mereka berantakan atau tidak akurat, orang yang “selalu benar” akan terus unggul karena otoritas yang mereka proyeksikan.

Cara menanganinya:

Perilaku ini sulit untuk dijinakkan. Pada awalnya, bersabarlah dan lihat bagaimana kamu bergaul dengan orang ini. Jika sudah sampai menyinggung dan membuat geram menjadi sebuah pola, bicaralah dengan mereka setelah kamu punya waktu untuk merenungkan apa yang ingin dikatakan.

2. Rekan yang obsesif selalu ambil kontrol

Sama seperti orang yang selalu merasa benar, tipe ini memiliki kepribadian yang sangat kuat. Mereka merasa penting dan selalu tahu cara terbaik untuk melakukan sesuatu. Karena mentalitas ini, orang lain tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkan bakat mereka karena tipe ini sibuk menyela.

Cara menanganinya:

Pertahankan profesionalismemu. Jika ada terlalu banyak insiden yang membuat frustrasi, rencanakan waktu untuk berbicara dengan rekan kerja ini secara pribadi ketika kamu tenang. Jelaskan mengapa situasinya tidak bekerja dengan baik untukmu, dan bagaimana memperbaikinya.

3. The Martyr

Mereka itu selalu melakukan banyak pekerjaan, setiap hari. Orang ini menundukkan kepala dan tidak meminta banyak balasan. Dengan demikian, mereka sering dilupakan untuk promosi.

Cara menanganinya:

Jika di awal karier mereka, bimbing mereka dan pastikan mereka meminta perhatian pada pekerjaan yang mereka lakukan untuk pengakuan dan pujian.

4. Rekan yang berjuang untuk kontrol

Ini adalah dua atau lebih karyawan yang berjuang untuk mendapatkan kekuasaan atas suatu keadaan. Seseorang selalu ingin memegang kendali. Duo ini dapat terdiri dari dua kepribadian alfa, dan mereka saling menyukai satu sama lain.

Cara menanganinya:

Jika kamu sedang berjuang untuk mendapatkan kekuasaan, maka mundurlah. Ketahuilah bahwa kamu bisa semakin jauh jika bekerja sebagai tim. Dapatkan kekuatan dari rekan kerja dan lihat ini sebagai pelengkap.

5. Si lebah ratu

Dia akan tersenyum kepadamu, tetapi begitu kamu menoleh, dia akan bergosip tentang dirimu.

Cara menanganinya:

Hindari gosip tentang rekan kerja. Yang terbaik adalah menghindari drama kantor.

6. Panutan

Ini adalah bintang yang bersinar dan orang yang kamu cita-citakan. Jika  menemukan panutan di kantor, pastikan mereka memiliki semua sifat panutan yang sebenarnya.

Cara menanganinya:

Cobalah untuk meniru aspek-aspek baiknya, dengan menyadari bahwa kamu juga memiliki bakat unik. Tanyakan orang ini apakah kamu dapat membayangi mereka selama sehari.*(rw)

Leave a Reply