Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Berapa Panjang Resume Ideal untuk Pengalaman 10 Tahun?

Bagaimana memangkas resume yang kepanjangan.

Topcareer.id – Resume perlu dibuat sedemikian rupa agar bisa menarik perhatian perekrut dan meloloskanmu untuk maju ke tahap selanjutnya. Tapi, bagi profesional dengan banyak pengalaman, berapa halaman ideal yang diperlukan?

Marc Cenedella, Founder dan CEO The Ladders mengatakan bahwa banyaknya laman resume seorang profesional juga begantung pada umur. Panjang yang tepat untuk resume profesional, total dua halaman jika kamu memiliki 10 tahun atau lebih pengalaman.

“Resume harus dua halaman terdiri dari ringkasan profesional, detail kronologis kesuksesan profesional, bagian pendidikan diikuti oleh penghargaan dan penemuan, dan bagian pribadi singkat. Kamu harus mulai dengan informasi kontakmu di kepala resume,” tulis Cenedella dalam The Ladders.

Lebih lanjut ia menyampaikan, dua halaman cukup panjang untuk merinci latar belakang, keberhasilan, dan tugas sebelumnya.

Panjang ini memungkinkanmu untuk menunjukkan perkembangan karier selama beberapa dekade sambil memberikan detail yang cukup pada lima tahun terakhir.

“Jika kamu berada dalam masa pertumbuhan karier, dua halaman sudah cukup untuk menunjukkan tingkat yang diharapkan selanjutnya tanpa berlebihan.”

Sebaliknya, kata dia, jika kamu memiliki peran dan posisi yang sama selama 25 tahun, maka pantas untuk setia pada satu halaman.

Kalau kamu tetap menjadi adjuster asuransi, akuntan senior, atau perwakilan penjualan selama satu dekade atau lebih, yang terbaik adalah tetap di satu halaman.

Jangan rugikan diri sendiri dengan mengirimkan sinyal yang tidak akurat kepada pemberi kerja lewat resume dua halaman.

Leave a Reply