Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, July 12, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kebiasaan Kerja yang Membuatmu Tak Profesional

Sumber foto: magazine.job-like.comSumber foto: magazine.job-like.com

Topcareer.id – Meski kamu seorang karyawan populer, kamu tetap perlu bersikap profesional di setiap pekerjaan. Beberapa kesalahanmu karena perilaku tak profesional mungkin bisa jadi tak termaafkan dan berakibat buruk pada karier.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, berikut beberapa kebiasaan kerja yang membuatmu tampak tidak profesional.

1. Membuat alasan

Terus-terusan membuat alasan akan membuatmu terlihat tidak profesional. Cobalah untuk mulai berani mengakui kesalahan, sehingga kamu memiliki niat tulus untuk memberikan usaha yang lebih baik di masa mendatang.

2. Meja yang kosong

Menurut pelatih karier Penelope Trunk, memiliki meja yang benar-benar kosong tanpa memo pribadi, seperti notes, gambar, pena, dan lain-lain merupakan kebiasaan kerja yang buruk dan membuatmu terlihat tidak peduli dengan pekerjaan.

Kamu mungkin menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, jadi mengapa tidak menjadikannya ruang yang kamu sukai. Terkadang, meja yang berantakan bisa membuatmu jenius.

3. Bergosip

Bergosip dan berbicara jelek tentang orang lain hanya membuat dirimu terlihat buruk, terutama saat bekerja. Kamu tidak pernah tahu kepada siapa temanmu akan meneruskan gosip yang kau sebar.

Kamu tentu tidak ingin dikenal sebagai biang gosip kan? Jadi simpan itu untuk diri sendiri dan ingat apa yang dikatakan ibu: jika tidak bisa mengatakan sesuatu yang baik, jangan katakan apa-apa.

4. Membalas e-mail dengan lambat

Kamu ingin dikenal sebagai seseorang yang dapat diandalkan dan responsif? Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menjawab email dengan cepat, bahkan pada akhir pekan.

“Menjawab email lambat menunjukkan sepertinya kamu kewalahan,” kata Trunk.

Di zaman sekarang ini, e-mail dan telepon adalah bentuk utama komunikasi. Dan respons cepat adalah kuncinya.

5. Terima panggilan pribadi

Panggilan darurat adalah satu hal. Tetapi terus-menerus mengobrol dengan teman atau pacar melalui telepon adalah kebiasaan kerja yang buruk dan harus dihindari. Ini juga berlaku untuk mengirim pesan teks dan memeriksa media sosial.

6. Terlambat

Akan tiba saatnya kamu terlambat bekerja. Mungkin karena mobilmu rusak, atau karena transportasi umum di kota tidak dapat diandalkan. Terlambat satu-dua kali masih bisa dimengerti. Itu juga terjadi pada orang yang paling tepat waktu.

Namun, terlambat secara kronik bisa menjadi masalah. Terlambat 15 menit setiap hari akan membuatmu terlihat tidak profesional.

Leave a Reply