Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 15, 2022
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

Pengecekan Latar Belakang oleh HRD, Berapa Lama?

Ilustrasi: Pelatihan Pengembangan SDM

Topcareer.id –  Pada proses rekrutmen, jika sudah hampir memasuki seleksi akhir, maka pengecekan latar belakang bisa jadi hal yang misterius dan cukup membuat dag dig dug. Mungkin jadi satu-satunya hal yang menghalangimu dalam menerima tawaran pekerjaan.

Dalam laman Reader’s Digest, Mary Delaney, Presiden Layanan Ketenagakerjaan CareerBuilder menyebutkan, pemeriksaan latar belakang adalah tinjauan terhadap catatan kriminal, komersial, dan terkadang keuanganmu. Catatan itu memberikan perusahaan wawasan tentang kandidat pekerja saat ini, kualifikasi akademik atau profesional, sejarah mengemudi, dan banyak lagi.

Perusahaan akan melihat informasi ini karena mereka ingin mengkonfirmasi bahwa pribadimu sesuai dengan apa yang kamu katakana.

“Perusahaan mencari untuk memastikan kandidat secara akurat mewakili latar belakang mereka pada lamaran mereka. Dan bahwa seorang kandidat tidak memiliki sejarah yang dapat mempengaruhi keselamatan di tempat kerja, merusak reputasi perusahaan, atau dapat menempatkan karyawan lain dalam risiko,” kata Delaney.

Pemeriksaan latar belakang ini hanya sebagai pemeriksaan fakta. Menurut Wakil Presiden Sumber Daya Manusia untuk Atrium, Penny McNerney, tahap ini biasanya merupakan langkah terakhir dalam proses perekrutan.

Berapa lama pemeriksaan latar belakang berlangsung?

Menurut McNerney, pemeriksaan latar belakang umum bisa memakan waktu mulai dari satu hingga lima hari. Sementara, Delaney mengatakan bahwa proses itu bisa memakan waktu lima hingga tujuh hari. Mungkin ada beberapa hal yang bisa memperlambat proses.

Diperlukan waktu lebih lama untuk menemukan semua info yang diperlukan bagi pelamar yang sering berpindah-pindah, atau memiliki banyak perubahan nama, atau pernah bekerja atau tinggal di luar negeri.

Berapa lama pemeriksaan latar belakang juga tergantung pada jenis pemeriksaan atau laporan, karena waktu penyelesaian bervariasi. Jenis dan jumlah laporan tergantung pada tanggung jawab pekerjaan.

Ditambah, semakin lama riwayat pekerjaanmu, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan.

Perusahaan biasanya mencari hanya sekitar tujuh tahun (pengalaman kerja), tetapi beberapa industri mungkin memerlukan informasi sejak 20 tahun, menurut Delaney. Setelah mereka menemukan informasi, mereka memastikan itu akurat.

Tinggalkan Balasan