- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, February 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Jurnalistik

Sumber foto: mediabistro.com

Topcareer.id – Menjadi jurnalis barangkali merupakan impian para penyuka tantangan dalam dunia menulis. Terutama ketika harus menulis suatu berita atau informasi untuk dibagikan kepada banyak orang.

Untuk menjadi seorang jurnalis handal, kamu tidak melulu soal sekolah di bidang jurnalisme, kamu yang bukan lulusan jurusan jurnalisme atau broadcasting pun bisa menjadi jurnalis.

Dikutip dari journalism.co.uk, Selasa (11/02/2020), berikut ini beberapa tips yang bisa membantu meningkatkan keterampilan jurnalisme bagi kamu yang baru memulai karier di bidang ini.

Networking
Tanpa sumber dan kontak jaringan, sulit mendapatkan cerita yang kamu butuhkan untuk melakukan pekerjaan sebagai jurnalis. Bangun networking seluas-luasnya, dan jangan malu menghubungi mereka untuk mendapat bahan berita.

Selalu siap
Jika menulis menjadi mata pencaharianmu, maka kamu harus membawa lebih dari satu pena. Selain memiliki alat pendukung yang tepat, kamu juga harus berpakaian sesuai untuk setiap kesempatan.

Informasi ada di mana-mana
Kamu harus selalu siap kapan saja untuk mendengar dan mengingat bahwa akan selalu ada informasi dari manapun untuk bisa kamu tulis dan sajikan dalam bentuk berita.

Banyak menulis
Kamu harus mencintai dunia menulis, entah itu artikel, feature, hard news, apa saja. Dengan membiasakan diri menulis, kamu akan mengenali bagaimana ciri khas penulisan dan membuatmu lebih percaya diri. Kamu bisa mulai dengan membuat blog pribadi, menulis jurnal setiap hari, atau menjadi penulis freelance.

Periksa tulisan
Pahami bahasa jurnalistik, tata bahasa, dan perluas kosakata. Dengan begitu, kamu akan mampu menyunting naskah yang kamu tulis sehingga menjadi tulisan yang nyaman dibaca dan informasinya tersampaikan.

Kesalahan seperti ejaan, nama, tanggal, kutipan, angka, alamat, tata bahasa, spasi ganda, tanda baca, dan bisa membuatmu dalam masalah. Memang pada akhirnya editor akan meyelamatkanmu, tetapi akan lebih baik jika kamu juga bisa menguasainya.

Belajar dari senior
Pelajari ilmu baru dan dapatkan kesempatan berharga dengan menjalin networking dengan jurnalis senior dan bahkan jurnalis lain. Selain bisa bertukar pengalaman dan berbagi saran, kamu juga bisa mendapat banyak ilmu.

Jadilah multitalent
Jurnalisme tidak hanya tentang kemampuan menulis yang baik. Jadilah multi talenta dengan mengembangkan kemampuan interpersonalmu juga. Karena sebagai jurnalis, kamu bisa mendapat sumber informasi dari orang-orang yang kamu temui di mana saja.

Bisa saja mereka bisa menjadi narasumber yang kamu angkat kisahnya. Semakin kamu mampu membangun keakraban, semakin mudah pula kamu mendapatkan informasi.

Penuh semangat dan gigih
Akan ada saat-saat baik di ruang redaksi atau di mana pun, yang akan membuat emosimu meningkat dan tantangan sebagai jurnalis semakin sulit. Penting bagi kamu untuk memiliki kegigihan dan semangat bangkit kembali dari kesulitan.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply