- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, February 18, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Usaha Dan Bisnismu Gagal? Lakukan Lima Langkah Ini

Sumber foto: medium

Topcareer.id – Kegagalan merupakan kesempatan untuk mengambil semua yang telah kamu pelajari dan menerapkannya pada usaha atau peran baru.

Setiap bisnis pasti pernah gagal. Yang terpenting untuk disadari adalah bisnisnya yang gagal, bukan dirimu.

Dikutip dari inc.com, Kamis (13/02/2020), berikut lima langkah yang bisa membantumu menerima kegagalan dan tetap move on.

Ambil langkah demi langkah
Melarikan diri dari kegagalan hanya membuat dirimu semakin buruk. Jangan menghindari masalah yang sulit. Hadapi mereka secara langsung dan jangan biarkan masalah terus menghadang.

Hindari terlalu baper saat bisnis gagal
Keberhasilan bisnis tidak mudah diprediksi, dan keadaan tidak terduga pun bisa terjadi kapan saja. Jadilah fleksibel dan mudah beradaptasi. Semakin baik kamu menerima perubahan, semakin mudah kamu untuk pulih dari kegagalan bisnis atau perubahan besar yang terjadi.

Bersiap untuk usaha baru
Jangan menganggap kegagalan bisnis sebagai tanda untuk menyerah. Anggap kegagalan sebagai kesempatan untuk berefleksi dan beradaptasi. Belajar adalah bagian dari bisnis dan kegagalan merupakan alat untuk penyempurnaan.

Nyalakan kembali gairah hidup
Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan kembali kehidupanmu dan putuskanlah arah terbaik. Hidupkan impianmu. Gagal bisa jadi merupakan akhir dari satu hal yang akan paling membawa sukacita di awal yang baru.

Kelilingi diri dengan orang yang membantumu untuk tumbuh
Cari mentor, ikuti kelas atau hadiri seminar, tetapi biarkan dirimu terus belajar. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak nilai yang kamu bawa, sehingga kamu siap untuk mengambil peluang baru.

Kegagalan memang menakutkan pada awalnya, tetapi itu tidak harus menjadi akhir dunia. Bangkit kembali sangat mungkin, tetapi dibutuhkan upaya sadar dan keputusan untuk menerima dan move on. Belajar, beradaptasi dan terus bekerja menuju impianmu.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply