- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, February 18, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bagaimana Hari Valentine Jadi Populer dan Dirayakan di Mana-mana?

Iustrasi. (dok. The Jakarta Post)

Topcareer.id – Perayaan hari Valentine diadakan setiap tanggal 14 Februari. Di hari itu setiap orang mengekspresikan cintanya kepada pasangan, sahabat, maupun keluarga.

Valentine secara tradisional dikaitkan dengan cinta romantis, banyak orang memberikan kartu dan hadiah saat valentine day. Di Australia misalnya, jutaan kartu Hari Valentine dikirimkan pertengahan Februari dan kado paling populer adalah bunga dan cokelat.

Dikutip dari rosesonly.com.au, mitologi Yunani dan Romawi ditampilkan dalam sejarah hari Valentine. Dewa Cupid dari Roma, sering dikaitkan dengan Hari Valentine sebagai bocah nakal yang berkeliling menembakkan anak panah ke korbannya sehingga membuat yang terkena panahnya menjadi saling jatuh cinta.

Baca juga: Bingung Hari Valentine Mau Ngapain? Ini 8 Ide Merayakannya

Dewa Cupid di Yunani adalah Eros, dewa cinta, yang biasanya ditampilkan sebagai pria dewasa yang mewujudkan kekuatan seksual. Abad Pertengahan melihat perkembangan dari konsep ‘panah cinta’ dan ide ini ditampilkan dalam tradisi Hari Valentine, yang akhirnya menjadi bagian dari kebiasaan cinta suci di Eropa.

Legenda St. Valentine

Kemudian ada pula legenda tentang St Valentine menghadirkan sosok heroik dan romantis selama Abad Pertengahan di Inggris dan Prancis. Beberapa sejarawan menyatakan bahwa orang pertama yang mengasosiasikan St Valentine dengan cinta romantis adalah penyair Chaucer. Pada 1381 Raja Inggris Richard II dan Anne dari Bohemia bertunangan dan Chaucer menyusun sebuah puisi untuk menghormati pertunangan.

Pada era Victoria di pertengahan 1800-an, di Inggris mengirim kartu Hari Valentine buatan tangan kepada orang-orang terkasih menjadi hal umum. Didekorasi secara tradisional dan menampilkan pesan-pesan cinta penuh bunga kepada penerimanya.

Baca juga: Perayaan Valentine Tidak Hanya untuk Pasangan

Kini hari Valentine populer dirayakan di seluruh dunia. Kartu ucapan dan hadiah seperti bunga, cokelat, atau perhiasan untuk menyampaikan pesan cinta tersebar di mana-mana. Hari Valentine juga merupakan hari favorit untuk proposal pertunangan dan pernikahan.

Mawar merah adalah simbol tradisional cinta dan gairah. Mengirimkan satu mawar merah pada Hari Valentine biasanya dipahami sebagai ungkapan “Aku mencintaimu”. Ini adalah hadiah Valentine yang populer dan di dianggap paling romantis. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply