Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tertawa Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Dok. Total Orthodentics

Topcareer.id – Penelitian menunjukkan bahwa humor dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek pada orang dewasa dan yang lebih tua.

Studi kecil yang dilakukan di Universitas Loma Linda di California Selatan ini meminta 20 orang dewasa normal, sehat, dan lebih tua untuk menonton video lucu tanpa gangguan selama 20 menit, sementara kelompok lawannya duduk dengan tenang tanpa video.

Setelah itu, dilakukan tes memori. Tim studi juga mengambil sampel air liur mereka untuk dianalisis tingkat hormon stresnya.

Hasilnya, mereka yang tertawa 20 menit dengan video lucu itu mendapat nilai lebih baik pada tes memori jangka pendek. Dan tingkat hormon stres kortisol pada liur secara signifikan menurun pada kelompok yang menonton humor.

Baca juga: Lakukan 10 Hal untuk Mengobati Rasa Sedih

Tindakan tertawa atau menikmati humor bisa meningkatkan endorfin, seta mengirimkan dopamin ke otak untuk memberikan rasa kesenangan, yang pada gilirannya membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Ini juga memperkuat memori otak.

Intinya, semakin sedikit stres yang dimiliki, maka akan semakin baik ingatan kamu. Humor mengurangi hormon stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan keadaan mood, menurut Dr. Lee Berk, rekan penulis studi dan profesor rekanan dari Allied Heath.

Jadi, ingin tingkat stres menurun dan tidak mudah lupa? Mulailah dengan lebih banyak tertawa setiap hari. Itu akan meningkatkan kualitas hidupmu.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply