Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Hackathon, dan Manfaatnya

Ilustrasi: SXSW

Topcareer.id – Hackathon, atau hacking marathon adalah marathon 24-48 jam dalam membangun, menciptakan, memproduksi, dan mengirimkan produk dalam waktu singkat.

Program hackathon biasa menjadi wadah tempat berkumpulnya para programmer, software developer, dan designer. Salah satu produk yang dikerjakan adalah aplikasi.

Setelah produk selesai, tim demo produk akan mempresentasikan ke hadapan panel juri untuk peluang memenangkan hadiah.

Dikutip dari aipumhub.com, Jumat (14/02/2020), Hackathon memiliki beberapa manfaat baik seperti berikut ini.

Bertemu orang baru
Ini adalah kesempatan besar untuk mengenal orang lain yang memiliki minat yang sama dan rasa peduli terhadap teknologi yang sama. Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan berkolaborasi dalam proyek dengan mereka.

Kolaborasi kuat
Kamu akan berada dalam situasi di mana harus bekerja secara intens dengan orang-orang baru yang kamu temui, selama berjam-jam. Setiap orang bekerja menuju tujuan yang sama. sehingga kamu akan membuat ikatan yang kuat dengan mereka.

Menambahkan nilai ke CV kamu
Hackaton membuatmu mendapatkan beberapa pengalaman teknologi nyata bahkan memenangkan hadiah. Ini juga akan meningkatkan pengetahuanmu dan mendapatkan pengalaman kerja tim yang membuat CV mu lebih menarik.

Inovasi
Dipaksa untuk memecahkan masalah akan mendorong pengembangan ide-ide baru. Semuanya akan bekerja bersama denganmu untuk memecahkan masalah yang sama. Kamu dibatasi dengan waktu, ini akan meningkatkan adrenalin dan membuatmu jauh lebih produktif.

Employer branding
Lewat hackathon, orang-orang yang baru kamu kenal akan mengenal perusahaanmu juga. Saat kamu mengerjakan segala sesuatunya dengan baik, branding perusahaanmu akan terlihat baik.

Membantu proses perekrutan dan pencarian bakat
Di sini banyak perusahaan bisa melihat bagaimana orang benar-benar bekerja dalam tindakan, bagaimana mengelola suatu situasi, dan seberapa produktif. Ini bisa jadi cara efisien perusahaan dalam menemukan bakat.

Menciptakan produk baru
Gagasan utama hackathon adalah menyelesaikan masalah dengan membangun suatu produk. Jadi kamu akan berakhir dengan prototipe yang bisa menjadi produk ciptaanmu, dan jika tidak, setidaknya kamu tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Kepuasan pribadi
Dengan hackathon, kamu bisa bersenang-senang membangun hal-hal baru. Kamu akan mendapatkan rasa hormat dari orang lain atas pekerjaan yang kamu lakukan dan kamu juga berpartisipasi dalam kemajuan teknologi.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply