Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tips Jitu Memenangkan Kompetisi Hackathon

Ilustrasi: legalgeek

Topcareer.idHackathon adalah kompetisi marathon 24-48 jam untuk membangun, menciptakan, memproduksi, dan memamerkan produk dalam waktu singkat.

Program hackathon biasa menjadi wadah tempat berkumpulnya para programmer, software developer, dan designer. Salah satu produk yang dikerjakan adalah aplikasi.

Banyak hal harus dipersiapkan untuk menghadapi hackathon challenge agar bisa lebih optimal dan meraih gelar juara.

Dikutip dari girlknowtech.com, Jumat (14/02/2020), berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar bisa memenangkan kompetisi hackathon.

SEBELUM HACKATHON BERLANGSUNG

  • Persiapkan Trello atau PowerPoint
    Atur dan tetapkan setiap tugas kepada anggota tim. Kamu bisa menggunakan perangkat lunak seperti Trello. Langkah ini opsional. Tapi itu akan memberimu keunggulan yang sangat baik atas tim lain. Ketika saatnya tiba, kamu akan menghemat banyak waktu. Dan jika sudah merencanakan lebih dulu, setiap orang bisa melakukan riset untuk mencari ide bagaimana melakukan tugas yang seharusnya.
  • Cari tahu teknologi apa yang akan kamu gunakan
    Kamu bisa trial and error sebelum kompetisi mulai, ini bisa menghemat waktumu saat kompetisi. Kamu akan selangkah lebih maju dalam pemenuhan kebutuhan aplikasimu.
  • Brainstorming dan temukan ide
    Tim-tim yang menerapkan tips ini adalah mereka yang berada di peringkat terbaik. Menemukan ide revolusioner sebelum hari H mungkin merupakan saran paling penting dari daftar ini. Milikilah selalu ide alternatif.
  • Ambil semua yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup 24 jam
    Bawalah bantal, selimut, air minum serta beberapa makanan ringan. Meskipun tidak tidur, penting membawa benda-benda ini, karena bisa membuatmu merasa nyaman di malam hari.

SAAT HACKATHON BERLANGSUNG

  • Tetapkan tujuan kecil yang bisa dicapai
    Tetapkan tujuan yang tidak terlalu tinggi. Lebih mudah menargetkan produk yang kecil dan fungsional dan kemudian bekerja untuk menambahkan lebih banyak fitur. Ingat kamu hanya memiliki 24 jam. Jadilah realistis!  
  • Lakukan banyak meeting
    Penting untuk menyadari kemajuan anggota tim. Kamu bisa mengandalkan waktu makan untuk melakukan meeting. Untuk hackathon yang dimulai sekitar jam 9 pagi, jam meeting terbaik adalah: jam 12 siang, jam 2 siang, jam 6 sore, midnight, jam 3 pagi, jam 6 pagi, dan jam 8 pagi. Ini memungkinkan untuk mengevaluasi kembali tugas dan tujuan aplikasimu ketika masalah muncul.
  • Beristirahat dan nikmati workshop networking
    Keuntungan besar untuk berpartisipasi dalam hackathon adalah kesempatan untuk mempelajari teknologi baru dan bertemu orang baru. Untuk melakukan ini kamu harus berpartisipasi dalam workshop yang diselenggarakan. Luangkan waktu untuk berbicara dengan sponsor acara. Kamu akan mendapatkan ilmu dan networking baru pada saat yang sama.
  • Pertahankan energi positif dalam tim
    Semua orang akan sangat lelah di akhir acara. Kamu harus menghargai keletihan ini dan tidak berselisih dengan teman. Jika emosinya semakin tinggi, pelukan anggota kelompok akan membantu meningkatkan energi positif.
rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply