Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tidur Larut Malam Melulu? Ini Pola Makan yang Baik Agar Tetap Fit

Dok. Skyland Trail

Topcareer.id – Berapa jam tidur yang ideal? Delapan sampai 10 jam kalau hitungan ilmiahnya. Tapi dalam prakteknya, rata-rata orang dewasa paling hanya tidur 6 jam per hari. Cukup?

Tergantung kualitas tidurnya. Malah jam tidur bisa lebih pendek lagi kalau ada aktivitas malam hari, macam kerja lembur, pesta, atau bahkan kencan dengan kekasih.

Adakah trik untuk membunuh rasa kantuk? Kopi mungkin salah satu jawaban, tapi efeknya disebut-sebut kurang baik untuk detak jantung dan tekanan darah. Untuk sepenuhnya tampil segar jelas tidak mungkin, karena membalas jam tidur yang kurang di hari berikutnya adalah jawaban paling masuk akal. Tapi ada juga hal yang mampu menetralisir, membuat tubuh lebih segar meski kurang tidur.

Baca juga: Tidur Siang di Kantor Justru Dianjurkan di Jepang

Berikut beberapa langkah yang harus kamu ambil:

Makan pagi. Untuk mereka yang beraktivitas hingga larut malam, apalagi bekerja pada malam hari, makan pagi adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Jam 5 hingga 9 pagi adalah jam makan yang paling baik. Pilihlah menu sereal yang kaya serat, roti dengan selai dan mentega, serta segelas jus.

Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan dua butir telur atau tiga potong daging yang dimakan bersama roti. Jangan lupakan susu. Makan pagi yang baik akan menambah energi dan memperlancar pencernaan.

Baca juga: Suka Kebangun Tidur Jam 3 Pagi? Ini Alasannya

Makan siang. Kalau kamu memutuskan untuk melakukan aktivitas yang sama pada malam berikutnya, harus makan siang dengan baik. Makan dalam porsi yang lebih besar, selain untuk mengasup kebutuhan energi selama bekerja, juga membantu tetap fit sampai malam hari.

Pilihah menu yang yang terdiri dari daging-dagingan seperti ayam panggang, daging, atau pun ikan. Agar daya tahan semakin baik jangan lupa untuk mengonsumsi sayur-mayur.

Makan malam. Karena akan tidur larut malam, tidak ada salahnya mengundurkan sedikit jam makan malam. Untuk menu, pilih yang rendah kalori, tidak membuat perut terlalu kekenyangan dan membuat mata mengantuk. Sandwich sayuran berisi lettuce, tomat, dan mayones bisa dijadikan pilihan.

Kenapa tidak perlu terlalu berat? Karena ada satu sesi cemilan yang mungkin membantu kamu terjaga. Adapun cemilan yang lebih baik dipilih adalah kacang-kacangan, anggur, apel, dan popcorn. * Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan