TopCareerID

Mengenal Influenza, Definisi dan Gejalanya

Ilustrasi. (dok. Shutterstock)

Topcareer.id – Cuaca buruk musim penghujan memberi tantangan tersendiri. Aktivitas terhambat, mobilitas menurun, dan lebih parah lagi tubuh jadi lebih mudah sakit.

Payahnya, meski kita sudah menjaga kesehatan kita sedemikian rupa, entah itu dengan vitamin atau pun makanan dan minuman bernutrisi tinggi, sergapan hawa dingin yang tanpa diduga-duga sering membuat fisik tergerogoti.

Faktor lain, banyak penderita penyakit musim hujan berada di sekeliling kita. Otomatis, kita pun jadi mudah terpajan virus.Salah satu yang penyebarannya sangat cepat adalah influenza.

Baca juga: Studi: 29% Orang Dewasa Senang Jika Terkena Flu. Kenapa Begitu?

Hal paling mendasar mengenal influenza atau flu adalah mengetahui definisinya. Dalam literatur kesehatan, sakit flu adalah istilah umum yang sering kita dengar untuk menyebut penyakit common cold. Disebut common cold karena penyakit ini cukup sering ditemukan dalam populasi mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Setiap tahunnya seorang balita bisa terserang sampai 9 kali, anak sekolah sampai 12 kali, dan orang dewasa bisa 6 kali. Penyakit ini memiliki angka kesakitan yang cukup besar dan dapat mengalami komplikasi terutama ke paru-paru.

Nah, langkah selanjutnya adalah mengetahui gejala dan bagaimana mengobati flu. Penanganan ini perlu diketahui para orangtua karena tiap anggota keluarga berpotensi menderita flu.

Baca juga: Cegah Flu saat Bepergian dengan Pesawat

Seperti apa gejala flu?

Dari berbagai sumber

Exit mobile version