Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ogah Tertipu Saat Rayakan Resepsi Pernikahan? Ini Tips Terhindar dari WO Abal-abal

Ilustrasi. (dok Va Jewellry)

Topcareer.id – Jasa Wedding Organizer (WO) kerap dilirik calon pengantin. Bagaimana tidak, dengan memakai jasa satu ini calon pengantin tidak perlu ribet dan pusing mengatur persiapan menjelang pernikahan hingga hari H.

Saking banyaknya permintaan, banyak juga lho WO abal-abal yang bermunculan. Para WO abal-abal tersebut bahkan tak malu-malu melakukan promosi besar-besaran dengan menawarkan harga yang murah namun dengan fasilitas yang mewah.

Seperti kasus yang baru-baru ini tengah viral mengenai sepasang pengantin yang saat hari H pernikahannya justru menanggung malu karena catering, dan dekorasi yang telah dijanjikan sang WO tidak terealisasi. Kepalang tanggung karena sudah menyebarkan undangan, merekapun tetap mengadakan resepsi pernikahan dengan dekorasi seadanya dan tanpa makanan satupun yang bisa dicicipi.

Baca juga: Cara Fotografer Wedding Ini Memasarkan Diri Bisa Kamu Tiru

Nah, agar itu tidak terjadi pada kamu, berikut tips-tips memilih WO yang membuat momen bahagia kamu tak terlupakan.

Pakai WO rekomendasi teman atau keluarga
Saat memilih WO sebaikya kamu bertanya terlebih dahulu kepada orang disekitar kamu apakah mereka memiliki rekomendasi jasa WO yang mereka pernah tau. Ada baiknya sih jika jasa WO yang direkomendasikan memang pernah mereka pakai.

Harga yang ditawarkan
Ini nih yang penting, jangan asal tergiur karena ditawarkan harga murah lantas kamu langsung percaya begitu saja. Cek apakah harga yang ditawarkan masuk akal bandingkan dengan jasa WO lainnya. Mintalah detail yang kamu dapatkan dari harga yang ditawarkan kemudian pertimbangkan. Misalnya WO menawarkan kamu paket Rp70 juta berikut gedung, dekorasi dan catering. Nah, ada baiknya kamu mengecek harga gedung, dekorasi dan catering tersebut kepada pihak-pihak terkait.

Baca juga: Ini Bayaran MUA untuk Wedding dan Prewed

Cek reputasi WO
Carilah reputasi WO di google dan media sosial lainnya. Kamu harus tahu di mana kantornya, siapa saja yang pernah menggunakan jasa WOnya dan lihatlah apakah ada komen yang buruk mengenai jasa WO tersebut. Di sini naluri kekepoan kamu benar-benar diperlukan. Kalau jasa WO tersebut sudah berbadan hukum, minta mereka tunjukan buktinya dan kalau bisa, kamu cek ke pihak yang mengeluarkannya ya!

Buat perjanjian
Jika kamu sudah benar-benar percaya, jangan lupa untuk memintya dibuatkan kontrak dengan dibubuhi tanda tangan diatas materai agar sah secara hukum. Disini kamu juga harus teliti mengenai isi kontrak tersebut ya. Pastikan juga untuk menuliskan mengenai pembiayaan sejelas mungkin di dalam kontrak tersebut. Dan untuk menghindari WO yang tidak bertanggung jawab sebaiknya kamu melakukan pembayaran dengan beberapa tahap dengan pelunasan setelah akhir acara ataupun saat hari H dan dituliskan di dalam kontrak secara rinci.

Semoga kamu terhindar dari WO abal-abal ya! *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply