Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, May 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Ini 10 Universitas Pencetak Miliarder Terbanyak di Dunia

Universitas Harvard. (dok. OYA School)

Topcareer.id – Memilih kampus dan jurusan kuliah memang seharusnya nggak main-main, karena kelak bisa memengaruhi masa depan, termasuk kepuasan kerja dan kemandirian finansial.

Penelitian baru yang diterbitkan oleh Debut Careers memberi peringkat pada institusi dan jurusan yang membuktikan mampu mencetak miliarder sukses di dunia yang paling banyak.

“Salah satu hal paling penting yang dipertimbangkan orang ketika mereka mempertimbangkan pilihan mereka untuk universitas atau perguruan tinggi adalah apa yang bisa dilakukan untuk prospek karier masa depan mereka,” tulis penulis penelitian Andrew Frobisher dalam laman The Ladders.

Baca juga: Ini Peringkat Top 15 Universitas di Asia Tenggara. Indonesia Masuk Daftar?

“Kami telah menganalisis karier pendidikan setiap miliarder mandiri di dunia, untuk mencari tahu di mana dan apa yang mereka pelajari dalam perjalanan mereka ke puncak.”

Pada 2019, Universitas Harvard telah menampung lebih banyak miliarder dari institusi lain di seluruh dunia. Sejumlah 51 lulusan Harvard yang menjadi miliarder jika secara kolektif bisa mengumpulkan kekayaan bersih gabungan sebesar USD377 miliar.

Terlepas dari kebijaksanaan konvensional, sebagian besar miliarder tidak belajar ekonomi selama karier kuliah mereka tetapi sebaliknya, mereka adalah pemegang gelar Sarjana di bidang Seni dan Sains.

Gelar Master dalam Administrasi Bisnis (MBA), dan gelar Master dan Doktor dalam Ilmu Pengetahuan adalah pilihan paling populer berikutnya dengan 148 dan 94. Sementara 31% wirausahawan yang sederhana memiliki lebih dari satu gelar.

Baca juga: 6 Universitas di Indonesia Masuk Peringkat Dunia, Apa Saja?

“Sebagian kecil memiliki tiga gelar pada nama mereka, sementara hanya 3 dari lebih dari 800 telah berhasil menemukan waktu untuk mengejar empat gelar. Namun, ternyata kamu tidak perlu masuk universitas untuk menjadi sukses,” Frobisher menjelaskan.

Perlu dicatat bahwa 40 individu paling kaya di dunia tidak pernah kuliah di universitas dan 62 pengusaha yang termasuk dalam demografi yang sama ini keluar sebelum mereka menerima ijazah sarjana. Ralph Lauren, Mark Zuckerberg, Richard Branson, dan Bill Gates adalah beberapa di antaranya.

Daftar 10 universitas terbaik yang paling banyak mencetak miliarder:

  1. Harvard University, 51
  2. Stanford University, 34
  3. Harvard Business School, 20
  4. Columbia University, 16
  5. University of Southern California, 14
  6. Fudan University, 13
  7. Moscow State University, 13
  8. New York University, 13
  9. University of California, Los Angeles, 12
  10. Cornell University, 11

Jurusan yang diambil miliarder kaya di dunia:

  1. Sarjana Seni/Sains, 526
  2. Master Administrasi Bisnis, 148
  3. Master of Science, 94
  4. Doktor, 38
  5. Sarjana Sains di Bidang Teknik, 33
  6. Doktor dalam Ilmu Hukum, 32
  7. Diploma, 31
  8. EMBA, 23
  9. Dokter Medis, 17
  10. Ph.D, 16

Di mana miliarder belajar?

  • Amerika Serikat, 615
  • China, 150
  • Rusia, 92
  • India, 36
  • Inggris, 30

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply