Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, March 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Wabah Korona Landa Korea, Hati-hati buat yang Mau Ketemu Oppa

Warga Daegu, Korea Selatan. (dok. Reuters)

Topcareer.id – Bagi kalian yang berniat ke Korea Selatan sepertinya perlu dipertimbangkan ulang karena imbas virus korona yang kini masih mewabah. Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sudah memberikan peringatan untuk perjalanan ke Korea Selatan.

Dilaporkan dalam USA Today, pada hari Senin (24/2/2020), CDC mengeluarkan peringatan “tingkat 3”, untuk menghindari perjalanan tidak penting ke negara Asia Timur. Badan federal tersebut mengeluarkan peringatan tingkat 3 yang sama untuk perjalanan ke China karena “transmisi masyarakat luas,” tidak termasuk Hong Kong, Makau atau Taiwan.

Demikian pula, Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan peringatan perjalanan tingkat 2 (“meningkatkan kehati-hatian”) pada hari Sabtu untuk Korea Selatan terkait wabah virus korona.

Baca juga: WHO: Hasil Uji Coba ‘Obat’ Virus Korona Keluar 3 Minggu ke Depan

Awal bulan ini, Departemen Luar Negeri mengeluarkan peringatan perjalanan tingkat 4 (“jangan bepergian”) – peringatan paling parah – untuk seluruh Tiongkok.

Menurut data Johns Hopkins, Korea Selatan memiliki 893 kasus yang dikonfirmasi dari virus korona COVID-19 pada Senin malam, jumlah total nasional terbesar di luar China. Sementara total yang terinfeksi 77.658 kasus di Daratan China.

Lebih dari 2.663 orang telah meninggal karena virus – sebagian besar di provinsi Hubei daratan Cina. Delapan orang tewas di Korea Selatan.

Baca juga: WHO Peringatkan Wabah Korona Bisa Meledak Secara Global

CDC menyarankan mereka yang harus melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk menjauh dari orang sakit, mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan dengan alkohol 60% hingga 95% dan menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut.

CDC merekomendasikan siapa saja yang menghabiskan waktu di Korea Selatan dalam dua minggu terakhir, dan sekarang merasa sakit karena demam, batuk atau kesulitan bernapas – semua gejala korona – untuk mencari bantuan medis. Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau selongsong saat batuk atau bersin; dan tidak bepergian, di antara tindakan pencegahan lainnya.

“Sementara CDC menganggap #COVID19 sebagai situasi serius dan mengambil langkah-langkah kesiapsiagaan, risiko langsung di AS dianggap rendah,” tulis agensi itu di hari Minggu.

“Setiap orang harus selalu mengambil tindakan pencegahan sederhana setiap hari untuk membantu mencegah penyebaran penyakit pernapasan.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply