Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 9, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kelebihan Berat Badan 0,7 Kg, Karier Pramugari Ini Berakhir

Ilustrasi pramugarei Malaysia Airlines. (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Profesi pramugari banyak didamba wanita. Profesi satu ini diincar lantaran jumlah pendapat yang digadang-gadang bisa mencapai angka puluhan juta. Meski begitu, bukan rahasia umum lagi seorang pramugari dituntut memiliki wajah yang menarik serta memiliki tinggi dan berat badan yang ideal.

Memiliki pedoman khusus mengenai hal itu, salah satu maskapai penerbangan yaitu Malaysian Airlines (MAS) bahkan rela memecat pramugari dengan berat badan yang tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Telah mengabdi selama 25 tahun, Ina Meliesa Hassim harus menelan pil pahit karena pemecatan yang dilakukan perusahananya pada tahun 2017 lalu. Alasanya hanya karena Ina memiliki kelebihan berat badan sekitar 0,7 kg dari standar yang telah ditetapkan.

Baca juga: Gaji Pramugari Tingkat Terendah Rp 18 Juta. Ini Rinciannya

Sebelumnya diketahui Ina memiliki tinggi 160 cm, sehingga menurut kebijakan perusahaan ia seharusnya memiliki berat badan maksimal 61 kg. Namun saat melakukan penimbangan berat badan, timbangan Ina menunjukan angka 61.7 kg. Alhasil perusahaan mengeluarkan surat pemecatan.

Merasa tidak adil, pada bulan September 2017 Ina kemudian memperkarakan masalah tersebut. Bukannya mendapat dukungan karena adanya diskriminasi, ketua pengadilan Industri Syed Noh Said Nazir malah mengatakan hal tersebut adalah wajar dan adil.

Baca juga: Ini Syaratnya Bila Kamu Ingin Menjadi Pramugari

Syed juga menjelaskan, sebagaimana dikutip laman Mothership, Selasa (25/2/2020), bahwa sebelumnya maskapai telah memberi kelonggaran pada Ina dengan memakluminya selama 18 bulan terkait berat badannya yang tidak sesuai dengan standar perusahaan.

Berulang kali Ina dinyatakan gagal menurunkan berat badan, sehingga perusahaan bertindak kejam dengan memutuskan memberhentikannya.

MAS juga berkelit bahwa mereka ingin memberikan citra yang tak terlupakan di benak para tamu mereka. Dan persyaratan berat badan juga merupakan bagian dari upaya untuk mempertahankan citranya sebagai maskapai penerbangan premium. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply