Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Wabah Korona: Evakuasi WNI di Kapal Pesiar World Dream Dibantu TNI AL

Kapal pesiar World Dream. (dok. The Straits Times)

Topcareer.id – Sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal World Dream dievakuasi terkait potensi infeksi virus korona hari ini, Rabu (26/2/2020). Proses evakuasi dibantu oleh TNI Angkatan Laut dengan KRI dr. Soeharso-990 di Perairan Selat Durian, Kepulauan Riau.

WNI di kapal World Dream yang dievakuasi berjumlah 188 orang terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan, seluruhnya telah dinyatakan negatif Covid-19.

“Didukung cuaca yang cerah dan kerja sama yang sangat baik, proses evakuasi berjalan dengan baik dan lancar. Transfer personel dilakukan dua sortie dengan menggunakan Transfer Boat MV World Dream menuju KRI dr. Soeharso,” demikian dikutip dari rilis TNI AL, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Korona Mewabah di Iran: Wakil Menkes Terinfeksi, 50 Orang Tewas

Para ABK tersebut diterima di KRI dr Soeharso dengan melalui  prosedur pemeriksaan sesuai SOP protokol medis, selanjutnya akan bergerak menuju Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, diperkirakan akan tiba tanggal 28 Februari.

Sementara itu sebelumnya President of Dream Cruises, Michael Goh dalam siaran persnya pada Minggu (23/2) menjelaskan, World Cruises telah berhenti beroperasi secara sementara dari Hong Kong sejak 9 Februari sebagai tindak lanjut dari wabah Covid-19.

“Kami lepas jangkar di perairan internasional di dekat Kepulauan Bintan untuk memindahkan para awak ke kapal TNI AL,” kata Goh seperti dikutip Antara.

Sebelumnya Departemen Kesehatan Hong Kong telah mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan awak telah melalui pemeriksaan kesehatan dan negatif korona.

Baca juga: Vaksin Virus Korona Siap Diuji Coba ke Manusia Bulan April, Hasilnya Dirilis Juli

Namun sebagai tindakan pencegahan tambahan, pemerintah Indonesia juga akan mengimplementasikan pemeriksaan kesehatan dan prosedur observasi bagi anggota awak WNI yang dipindahkan.

Semua penumpang yang telah meninggalkan kapal pesiar pada pelayaran terakhir tanggal 9 Februari 2020 tidak menunjukkan gejala terkait infeksi Covid-19 sampai saat ini.

Hingga saat ini sebenarnya belum ada laporan mengenai kasus infeksi Covid-19 di antara para tamu dan anggota awak selama berada di atas kapal pesiar serta tidak ada penularan penyakit melalui kapal pesiar milik Dream Cruises. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply