Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kalimat yang Tepat untuk Memulai Surat Lamaran

Ilustrasi. (dok. Hudson)

Topcareer.id – Jika ingin mendapat kesempatan dari perusahaan untuk masuk ke tahap rekrutmen selanjutnya, ada bahan inti yang perlu kamu kuasai, salah satunya adalah cover letter atau surat lamaran.

Tantangan yang cukup sulit untuk menulis surat pengantar atau surat lamaran yang baik di setiap posisi yang diinginkan mungkin menjadi alasan mengapa 6 dari 10 pelamar pekerjaan tidak menyerahkan sama sekali, menurut survei dari situs saran resume ResumeLab.

Survei ResumeLab terhadap 200 manajer perekrut juga menemukan bahwa, 83% surat lamaran yang baik cukup untuk mempengaruhi mereka untuk memperpanjang wawancara kerja dengan seorang kandidat dengan resume yang kurang sempurna.

Ian Siegel, CEO pasar kerja ZipRecruiter, memahami mengapa pencari kerja tidak tahu pendekatan terbaik untuk menulis surat pengantar yang baik.

Baca juga: Begini Menjawab Waktu Jeda Tak Kerja di CV atau Resume

“Saya pikir ada cara praktik terbaik tradisional untuk menulis surat pengantar yang dipenuhi dengan saran buruk untuk generasi kita saat ini,” katanya kepada CNBC Make It.

“Ini lebih merupakan demonstrasi kompetensi komunikasi dan upaya untuk memberikan ringkasan singkat tentang keterampilan dan pengalamanmu.”

Menurut Siegel, menggunakan surat pengantar untuk merinci kualifikasi adalah kesalahan besar. Bahkan, kesalahan terbesar yang bisa dilakukan pelamar adalah memulai surat lamaran dengan berbicara tentang diri mereka sendiri.

Sebaliknya, pelamar harus mulai dengan berbicara tentang perusahaan, dan secara khusus mengapa mereka senang dengan prospek untuk bergabung.

“Jangan bicara tentang dirimu dulu; bicarakan dulu mereka. Aturan emas saya adalah membuat mereka merasa senang. Kegembiraanmu akan membuat mereka bersemangat, itu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian mereka,” tambah Siegel.

Yang bisa dimasukkan dalam surat lamaran

Dia merekomendasikan para pencari kerja untuk membuka surat lamaran mereka dengan kalimat berikut: “Saya sangat senang melamar pekerjaan ini karena …” dan mengisi kolom kosong tentang produk, layanan, atau misi perusahaan.

Di luar itu, Siegel menjelaskan hal-hal paling penting untuk dimasukkan dalam surat pengantar menjadi tiga poin.

Baca juga: Ini Poin Mengejutkan di CV untuk Senjata Raih Hati HRD

“Tunjukkan antusiasme, tunjukkan bahwa kamu telah melakukan penelitian, dan tunjukkan bahwa kamu ingin datang ke sana dan memberikan kontribusi,” katanya.

Dengan mengikuti formula itu, dapat membantu para pencari kerja lebih memahami pekerjaan mana yang paling menarik bagi mereka, dan karenanya pekerjaan mana yang lebih layak untuk diterapkan.

Kabar baiknya bagi yang menolak surat pengantar adalah, karena semakin banyak perusahaan yang mengizinkan orang melamar pekerjaan melalui perangkat seluler, mereka cenderung tidak membutuhkan dokumen tambahan.

Dalam kasus seperti itu, tujuannya biasanya jauh lebih jelas: Jelaskan mengapa kamu melamar ke perusahaan ini? (bukan mengapa kamu memenuhi syarat). *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply