Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Poin Mengejutkan di CV untuk Senjata Raih Hati HRD

Dok. Job Fits Sydney

Topcareer.id – Ada beberapa poin penting biasanya yang diletakkan dalam isi resume atau curiculum vitae (CV) pelamar kerja. Nah, dari beberapa poin yang dimiliki pelamar itu bisa jadi hal mengejutkan dan unik bagi perusahaan sehingga mempengaruhi keputusan tim perekrutan.

“Meskipun tidak setiap sifat yang unik akan mengarah pada tawaran pekerjaan, pencapaian dan hobi yang tidak terduga yang berkaitan dengan posisi pekerjaan, dapat menggambarkan bahwa pelamar sebagai calon yang berkesan dan berkualitas,” kata Ashley Irvine, Growth Manager di Three Ships and Remedy Review.

Baca juga: CV dan Resume, Sama Tidak Sih?

Dikutip dari CNBC Make It, berikut 6 dari 11 hal mengejutkan di dalam CV/resume yang mampu memengaruhi HRD (human resource department).

1. Musik dan Teater

Memainkan instrumen, bernyanyi, acting, bakat-bakat ini semuanya menunjukkan kemampuanmu untuk tetap tenang ketika berada dalam sorotan. “Ini dapat menunjukkan kemampuan komunikasimu dan kemampuan untuk tetap tenang ketika semua mata tertuju padamu,” kata Laurie Kahn, CEO Media Staffing Network.

2. Blogging

Sophie Miles, CEO & co-founder elmejortrato.com, mengatakan bahwa blog menunjukkan latar belakang kewirausahaan, kemampuan menulis, dan keteguhan yang diperlukan untuk memulai sesuatu di web. Jika ragu dengan konten blognya, coba tampilkan blog yang berisi program liburan atau belajar di luar negeri. Hal itu bisa jadi kekuatan bagaimana pelamar mendokumentasikan pengalaman dan kekuatan mereka di bidang tertentu.

Baca juga: Tips Merangkum Segudang Pengalaman di Selembar CV

3. Pengalaman dalam industri jasa

Meskipun pekerjaan pertamamu sebagai pramusaji mungkin tidak relevan dengan kehidupan profesional, namun posisi di bidang pelayanan ini menyediakan calon dengan keterampilan yang berharga. “Ini memberi saya wawasan tentang kemampuan pelamar untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan apa yang mereka pelajari dari layanan pelanggan,” kata Dana Case, Director of Operations at MyCorporation.com.

4. Pengalaman atau video stand up comedy

Latar belakang dalam komedi bukanlah masalah tertawa. Menurut Mollie Moric, penasihat karier dan manajer perekrutan di Resume Genius, pengalaman melakukan stand up comedy menunjukkan keyakinan kandidat dengan berbicara di depan umum, kemampuan untuk berimprovisasi, kapasitas untuk memperoleh jaringan, dan mampu mengatasi penolakan dengan nyaman.

5. Atletik

Partisipasi dalam olahraga menunjukkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi. Debbie Winkelbauer, mitra di Surf Search, menegaskan bahwa atletik adalah contoh kekuatan pencari kerja dalam persaingan, disiplin, kerja tim, dan kemampuan untuk mengatasi kegagalan.

6. Kompetisi

Dengan berpartisipasi dalam kompetisi di bidang terkait, kandidat pekerjaan mengungkapkan antusiasme mereka untuk pekerjaan mereka di luar jam kerja 9 hingga 5. “Bahkan jika kandidat tidak mendapatkan posisi di podium, itu menunjukkan semangat untuk peran mereka, komitmen untuk memperluas keterampilan mereka, dan partisipasi aktif dalam industry,” kata Moric. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply