Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 15, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cardigan, Pesonanya Tak Pernah Pudar

Sumber foto: Mama in a Stitch

Topcareer.id – Siapa yang tidak kenal baju hangat nan nyaman yang satu ini? Keberadaannya sering menyelamatkan kita dari dinginnya AC kantor, pun tak gerah untuk dipakai di luar ruangan pada siang hari.

Cardigan tersedia dengan banyak model dan warna. Ini membuatnya menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki. Apalagi, tidak hanya wanita, pria juga bisa tampil memesona dalam balutan cardigan.

Berasal dari pakaian nelayan di abad ke-17

Melihat betapa modisnya ragam cardigan saat ini, siapa yang menyangka bahwa pada abad ke-17 di Prancis dan pulau-pulau di Inggris, jaket ini populer di kalangan nelayan.

Pada masa itu, cardigan dibuat dari wol tebal yang dirajut dengan tangan. Para nelayan lantas menggunakannya untuk menghangatkan tubuh mereka dari terjangan angin laut yang dingin.

Konon, sebuat cardigan diambil dari James Thomas Brudenell, seorang komandan militer Inggris yang merupakan Earl of Cardigan ke-7, sebuah gelar kebangsawanan Kerajaan Inggris.

Tak diketahui secara pasti bagaimana gelar itu diabadikan menjadi nama sebuah pakaian hangat. Tapi kemungkinan besar sebagai balasan atas jasa-jasanya di Perang Crimean pada 1853-1856.

Kepopuleran cardigan terus berlanjut hingga masa kini. Bahannya yang ringan dan lembut ternyata nyaman digunakan di segala suasana.

Selain dirajut dengan tangan, cardigan juga banyak yang dibuat menggunakan mesin. Bahannya pun beragam. Jika dulu hanya terbuat dari wol, sekarang banyak yang membuatnya dari bahan katun, polyester, lycra, rayon, dan bahkan cashmere.

Model, warna, dan motif

Dibandingkan dengan ragam bagi pria yang cenderung monoton, cardigan untuk wanita berkembang lebih pesat.

Beberapa contoh yang dapat kamu temui adalah Sheer cardigan yang cocok digunakan di atas camisole atau tank top; Beaded cardigan atau Crocheted cardigan yang cocok dipadukan dengan busana formal; hingga Fleece cardigan yang lembut, ringan dan cocok untuk tampilan kasual.

Cardigan bermotif garis biasanya dipakai oleh remaja, karena memberi kesan modif dan informal. Untuk kesan dewasa dan resmi, gunakan cardigan polos berwarna putih atau hitam.

Ragam cardigan tidak hanya berhenti dari bahan, warna, serta motif. Kita mengenal cardigan yang menggunakan kancing, resleting, atau tidak keduanya. Untuk urusan kerah, ada kerah tidur, v-neck, atau model kerah bulat.

Selain itu, panjang cardigan pun beragam. Ada cropped cardigan yang pendek, serta ada juga yang panjangnya melewati pinggul.

Nah, seperti apa cardigan yang kamu punya? Yuk padu padankan sehingga tampilanmu semakin keren!

Catatan: artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer edisi November 2011 dengan judul “CARDIGAN: Pesonanya Tak Pernah Pudar”.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan