Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Khasiat Jahe Bantu Tangkal Serangan Virus Corona

dok. BBCgoodfood

Topcareer.id – Jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hal ini disebabkan oleh kandungan polifenol yang terkandung di dalam jahe.

Dengan imunitas yang prima, jahe dipercaya dapat membantu menangkal (bukan menyembuhkan, virus hanya bisa disembuhkan menggunakan antivirus) serangan virus corona terhadap tubuh. Salah seorang Dokter Spesialis Herbal Dr. Erna Cipta Fahmi menjelaskan virus corona menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang.

Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, jahe yang juga kaya akan ekspektoran yang berfungsi melegakan tenggorokan dan pernapasan. Sehingga jahe cocok untuk menyembuhkan flu dan batuk yang merupakan salah satu gejala terjangit virus corona.

Baca juga: Dampak Korona, Polusi Udara di China Turun

Dikutip dari laman Dw.com, Rabu (4/3/2020) Tang Ying, direktur rumah sakit tingkat kabupaten di provinsi Henan, menjelaskan bagaimana dia menjaga para dokternya aman dari virus korona dengan memberi mereka herbal Cina.

Staf administrasi rumah sakit rutin mengonsumsi sup jahe kering dengan licorice. Sedangkan untuk dokter yang bekerja berinteraksi langsung dengan pasien harus menambahkan sup jahe kering dengan guizhi tang (ramuan berbahan dasar kayu manis), fuling, jamur, dan bai zhu.

Ramuan ini sering digunakan dalam pengobatan herbal Cina yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mendukung penguatan fungsi limpa.

“Kita semua akan tahu bahwa infeksi virus yang bisa menangkal hanya antibodi kita artinya imun kita harus kuat oleh karena itu kita harus mencari bahan-bahan alam yang bisa meningkatkan imun salah satunya tadi adalah jahe,” ujar Erna dikutip Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Selain jahe ada juga kunyit, sirih merah, sambiloto dan brotowali yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply