Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Begini Cara Menggunakan Masker yang Benar Ala WHO

Ilustrasi. (dok. Webuser Feed)

Topcareer.id – Masuknya virus corona ke Indonesia membuat sejumlah masyarakat rela membeli puluhan bahkan ratusan masker sebagai upaya proteksi diri terhadap virus yang telah menelan ribuan korban jiwa tersebut.

Tapi tahukah kamu kapan sebenarnya masker mesti dipakai? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pemakaian masker dianjurkan bagi kamu yang sedang batuk, bersin ataupun sedang merawat seseorang yang kemungkinan terinfeksi virus corona.

Artinya, orang yang sehat sebetulnya tak perlu masker. Orang sehat perlu pakai masker bila ia harus berada di tempat-tempat yang retan virus dan penyakit seperti rumah sakit atau harus kontak dengan orang sakit.

Baca juga: Di Tempat Ini Stok Masker Masih Banyak (Ada yang Jual Harga Normal)

Nah, pemakaian masker pun tak bisa sembarangan. Berikut tips memakai masker dengan baik dan benar sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pertama, sebelum menggunakan masker, terlebih dahulu kamu harus mencuci tangan dengan sabun ataupun cairan antiseptik yang berbahan dasar alkohol di air bersih yang mengalir. Jadi, hindari mencuci di sebuah wadah atau tempat yang ada airnya ya.

Kedua, masker haruslah menutupi bagian mulut dan hidung dan pastikan tidak ada jarak atau celah di antara wajah dan masker yang digunakan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan lapisan di masker ya. lapisan biru atau hijau diluar sementara lapisan putih berada di dalam. Dan pastikan juga sisi masker yang terdapat kawat atau bagian yang tebal berada di atas ataupun menyentuh hidung kita.

Ketiga, Karena masker yang dipakai dapat mengandung banyak bakteri dan virus, usahakan jangan menyentuh masker secara sembarangan. Kalaupun kamu tidak sengaja menyentuhnya, usahakan untuk mencucui tangan kembali dengan sabun.

Keempat, kamu juga harus segera mengganti masker tersebut apabila sudah terasa lembap. Untuk melepaskan masker juga ada tata caranya lho. Jika ingin melepas masker, tarik kedua pengaitnya yang menempel di telinga, tanpa menyentuh kain maskernya dan segera langsung buang ke tempat sampah dan jangan lupa untuk cuci tangan lagi, ya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply