Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Isu Global Pengaruhi Pilihan Karier Pelajar Indonesia

Pelajar SMA di Indonesia. (dok. The ASEAN Post)

Topcareer.id – Dalam survei dari Cambridge International, 93% murid-murid di Indonesia yang disurvei mengambil tindakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu global. Dalam survei ini juga mengungkap bahwa isu global memengaruhi pilihan karier mereka.

Lebih dari 11.000 pelajar di seluruh dunia yang berusia 13-19 tahun mengambil bagian dalam survei online Global Perspectives untuk pertama kalinya dari Cambridge International dan membagikan pandangan mereka terhadap isu global pada November 2019.

Hasil survei secara global menunjukan bahwa pelajar di dunia menganggap bahwa tantangan terbesar adalah perubahan iklim, yang merupakan pilihan pertama di tiga perempat negara yang disurvei.

Baca juga: Bukan Goyonan, Kini Bayar SPP Sekolah Bisa Pakai Gopay

Sementara, hasil survei tersebut juga menunjukan bahwa ada keinginan pelajar untuk mempelajari isu global di sekolah, dengan 97% pelajar Indonesia menyetujui bahwa hal tersebut penting untuk dilakukan.

Isu global juga pengaruhi pilihan karier para pelajar di Indonesia. Menurut survey, 4 dari 5 (84%) pelajar Indonesia yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan memilih untuk berkarir di tempat di mana mereka dapat memberi kontribusi positif untuk mengatasi isu global.

Sementara, 82% akan mempertimbangkan bagaimana sikap tempat-tempat kerja terhadap isu-isu global tersebut saat melamar pekerjaan.

“Di dunia yang terus menerus berkembang dengan berbagai tantangan besar di masa depan, kami merasa bahwa sangat penting bagi pelajar untuk tidak hanya mengetahui isu-isu global,” kata Christine Özden, Chief Executive, Cambridge International dalam rilis yang diterima Topcareer.id, Senin (2/2/2020).

Baca juga: Survei: Pelajar Indonesia Nilai Polusi Jadi Tantangan Besar Bagi Dunia

“Namun juga mengembangkan kemampuan meneliti, berdiskusi, dan menilai fakta, serta bekerja sama untuk memahami berbagai perspektif di seluruh dunia,” lanjutnya.

Survei dilakukan menjelang Cambridge Global Perspectives Week yang berlangsung pada 1-7 Maret 2020. Penelitian difokuskan pada 12 negara yang dituju yaitu Brasil, Tiongkok, India, Indonesia, Malaysia, Selandia Baru, Pakistan, Afrika Selatan, Spanyol, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Polusi menjadi isu global yang paling sering disebut di Tiongkok dan Indonesia, sedangkan kemiskinan dan kesenjangan menduduki puncak survei di Brasil.

Sementara itu, Cambridge Global Perspectives sendiri merupakan program unik dan menstimulasi yang memberikan kesempatan kepada siswa usia 5 sampai 19 tahun untuk berpikir dan belajar lebih dalam mengenai topik-topik dan isu-isu global yang mereka minati.

Tinggalkan Balasan