Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, December 2, 2020
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

Trik Membuat Foto CV yang Menarik dan Profesional

Dok. Job Fits Sydney

Topcareer.id – Sebagian pelamar mungkin masih berpikiran bahwa foto dalam CV bukanlah hal utama. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Ketika HRD perusahaan melihat foto CV yang tidak profesional atau terkesan buruk, maka itu bisa mengurangi poin pertimbangan mereka dalam merekrut kandidatnya.

Mengutip abroad-experience.com, Senin (9/3/2020), berikut beberapa tips bermanfaat untuk membuat foto CV yang menarik, namun tetap profesional

Frame dari pinggang ke atas
Foto profil sebaiknya dibuat setengah badan mulai dari pinggang ke atas. Tidak perlu full body. Space yang ada bisa dimanfaatkan untuk mengisi daftar kualifikasi kamu.

Berpakaian profesional
Ini berarti tidak ada tank top, pakaian tanpa tali, t-shirt (terutama dengan pesan atau slogan yang tidak pantas), serta topi dan perhiasan yang berlebihan. Aturan praktis yang baik adalah kemeja bersih, dengan atau tanpa jas.

Rambut dan riasan wajah harus netral
Tidak ada yang meminta kamu untuk mewarnai rambut. Lagipula gaya rambut normal tidak akan mengurangi senyum kemenangan kamu. Riasan juga harus dijaga pada level at the office daripada level Saturday night out with friends.

Ekspresi wajah netral
Ini berarti tidak ada gaya tatapan mata yang berlebihan, tidak ada sudut mulut yang mengerut, dan tidak ada mata yang menyipit. Saat menghadap kamera, bayangkan kamu sedang melakukan wawancara tatap muka untuk pekerjaan impian.

Hindari alat peraga
Ini juga berlaku untuk minuman beralkohol atau rokok yang tampil dalam foto kamu. Jika ada tanaman atau lukisan yang sesuai di latar belakang, itu mungkin tidak masalah. Jika tidak, cukup perlihatkan wajah menawan kamu di depan latar belakang putih.

Pikirkan “foto paspor,” bukan “selfie Facebook”
Posisikan foto sehingga kamu menghadap lurus dan pandanganmu mengarah satu derajat di atas lensa kamera. Jangan mengambil foto CV dari sudut canggung yang mungkin kamu gunakan untuk posting Facebook atau Instagram.

Minta seseorang untuk membantu
Akan sangat membantu untuk meminta orang lain masuk dan mengambil foto saat kamu berkonsentrasi untuk berdiri tegak dan tersenyum sedemikian rupa. Kerjasama yang baik akan membuat foto kamu seolah-olah berkata, “Pekerjakan aku!”

Begitulah beberapa cara untuk membuat foto CV agar menarik perhatian HRD dan terlihat profesional. Ingat, beri foto terbaikmu, hindari gaya berlebihan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply