Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Setop Kebiasaan Menunda, Yuk Mulai Melamar Kerja

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Tak ada keuntungan yang didapat dari menunda diri untuk mencari pekerjaan. Kamu hanya akan melewatkan banyak kesempatan kerja dan lambat laun terjebak dalam stres akibat kebosanan dan ketidakjelasan ekonomi.

Hidup tanpa pekerjaan bisa membuatmu tertekan. Jadi, jika kamu merasa malas untuk mencari kerja, segera segarkan niat kamu lewat beberapa hal berikut:

Akui jika kamu adalah tukang menunda
Cari tahu apa alasan kamu suka menunda diri untuk mencari kerja. Apakah karena masih menunggu panggilan dari perusahaan impian; malas dengan proses melamar yang cukup panjang; atau karena tidak siap menerima perubahan. Cari tahu penyebabnya dan renungkan solusi untuk mengubah pemikiran tersebut.

Apa sih yang sebenarnya kamu inginkan?
Jangan jadi pencari kerja yang tidak punya target. Cari tahu pekerjaan seperti apa yang jadi impian kamu, lalu kenali dengaan baik kelebihan dan kekuranganmu sehingga lebih siap dalam mengejarnya.

Buatlah sebuah rencana yang pasti
Sekadar membuat janji bahwa kamu akan mencari kerja di minggu depan sering kali berakhir tanpa aksi apapun. Lebih baik, buatlah perencanaan matang, dan paksa diri untuk mengambil langkah pertama dari rencana itu. Dengan begitu, akan ada motivasi untuk menyelesaikan apa yang telah kamu mulai.

Temukan seorang penyemangat
Mintalah teman untuk mengingatkan kamu ketika sudah mulai kembali bermalas-malasan. Support dari keluarga dan teman baikmu juga akan sangat membantu kamu untuk melawan sikap doyan menunda.

Catatan: artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer edisi Agustus 2013 dengan judul “Jangan Tunda Keigatan Berburu Pekerjaan Anda.”

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan