Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Freelance, Bisakah Memenuhi Kebutuhan Hidup?

ilustrasi: localwork.co

Topcareer.id – Di tengah sibuknya pekerjaan penuh waktu, freelance memang selalu tampak menggiurkan.

Siapa yang tak suka dengan gambaran bekerja dari mana saja, memiliki jam kerja yang jauh lebih bersahabat, serta kesempatan untuk berkutat di bidang yang benar-benar kamu sukai.

Namun, seperti dikutip dari thebalancecareers, bekerja freelance tak melulu enak. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan jika kamu berniat beralih karier. Terutama tentang seberapa sanggup pekerjaan itu bisa memenuhi kebutuhanmu.

Untuk menjawabnya, cobalah tanyakan beberapa hal ini kepada dirimu sendiri.

Apakah pasar masih tersedia?
Kita semua punya teman yang terjun ke ranah freelance hanya untuk menyadari jika hobi mereka tidak cocok dijadikan karier. Sering kali, kasus semacam ini terjadi lantaran tidak tersedianya pasar untuk minat mereka, atau karena pasarnya sudah terlalu menjemukan sehingga sulit mencari nafkah di sana.

Jadi, sebelum kamu meninggalkan pekerjaanmu dan beralih ke freelance. Cara terbaik yang bisa kamu pilih adalah mulai melakukannya ketika kamu masih bekerja.

Seperti apa situasi keuanganmu sekarang?
Idealnya, kamu memiliki sejumlah tabungan, dana darurat, atau sumber pendapat lain yang akan menjadi penopang sampai nanti kamu mendapat klien dan mulai menerima bayaran dari mereka. Percayalah, berurusan dengan klien akan memakan waktu. Jadi buatlah gagasan yang bagus tentang anggaran bulanan kamu sebelum mulai bekerja freelance.

Apakah bayarannya akan cukup?
Realistislah mengenai kisaran bayaran yang akan kamu terima perbulannya. Kalau kamu berasal dari lingkungan di mana bos kamu membayar hal-hal seperti asuransi kesehatan, tunjangan pensiun, waktu sakit, dan sebagainya, coba periksa kembali kesanggupan kamu untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan itu secara mandiri.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply