TopCareerID

Melawan Jerawat di Punggung, Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. Honest Doc)

Topcareer.id – Jerawat bisa dibilang momok buat semua orang. Meski kecil, kemunculannya bisa bikin kesal, bete, dan yang pasti, enggak pede. Maklum, pada dasarnya siapa pun ingin tampil menarik. Jerawat merupakan salah satu kasus paling umum di dunia kecantikan. Kamu sendiri pun pasti pernah mengalaminya.

Jerawat sebenarnya bukan hanya bisa nangkring di wajah. Ia bisa muncul di bagian tubuh lainnya — kecuali di telapak tangan dan telapak kaki. Paling sering ditemukan sih di punggung (sering disebut istilah “bacne”), bahu, leher, dan dada.

Memang apa sih yang membuat jerawat timbul selain di wajah? Bukankah jarang terekspos matahari dan debu polusi? Harusnya kan aman-aman saja. Kami yakin pertanyaan macam itu pun bergelayutan di pikiran kamu. Menurut penelitian para ahli, ada beberapa alasan yang bisa jadi jawaban:

Baca juga: Mengenal Bakteri Baik dan Manfaatnya bagi Tubuh

Kalau sudah tahu penyebabnya, langkah selanjutnya mencari solusi. Meski tempatnya tertutup sehingga tak bikin orang stres, cara penanganannya justru lebih sulit.

Pasalnya kulit tubuh jauh lebih tebal dari wajah. Pori-porinya pun lebih besar sehingga kemungkinan bakteri masuk pun otomatis lebih besar. Jadi, kalau mau segera bebas kamu pun harus melakukan kerja ekstra. Perawatannya pun tak bisa instan. Harus dipupuk dari kebiasaan dan gaya hidup sehat.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Segala Sesuatu di Rumah

Berikut beberapa tips sederhananya:

Diolah dari berbagai sumber

Exit mobile version