Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Bukan Rebahan, Ini 7 Skill Wajib Saat Kerja dari Rumah

Ilustrasi. (dok. Medium)

Topcareer.id – Working from home (WFH) atau  kerja dari rumah kini menjadi cara untuk mengurangi tingkat penularan virus corona COVID-19. Belum semua pekerja siap dan mampu melakukan WFH secara efektif. Untuk melakukan WFH efektif ada kemampuan yang harus kamu punya, tapi bukan rebahan, ya.

Dilansir dari The Muse, pastikan kamu memiliki tujuh keterampilan utama yang tercakup berikut ini jika ingin melakukan pekerjaan jarak jauh (remote working) atau kerja dari rumah.

1. Organisasi

Kamu harus membuat semuanya terkoordinasi. Misalnya, mungkin kamu bertanggung jawab untuk membuat konten untuk blog perusahaan dan menjawab email layanan pelanggan, kamu harus menyeimbangkan prioritas dengan sempurna.

Berikan detail bagaimana kamu melakukan itu. Ingat untuk merujuk ke alat yang kamu gunakan, seperti Trello, Asana, atau Basecamp untuk manajemen proyek atau Google Drive atau Dropbox untuk kolaborasi.

Baca juga: Cegah Corona: Bagaimana Meeting Efektif Saat Kerja dari Rumah?

2. Komunikasi

Tetap berkomunikasi ketika kamu bekerja dari jarak jauh sangat penting. Pikirkan email, obrolan online, rapat video, dan mungkin juga telepon dan pesan teks. Kamu harus terbiasa dengan alat yang paling umum digunakan. Jadi, ketika tiba saatnya untuk menghubungi klien potensial, kamu harus menunjukkan bahwa kamu bersedia dan dapat menggunakannya.

Itu berarti menawarkan untuk melakukan wawancara melalui Google+ Hangouts atau Skype atau untuk memulai obrolan online demi memeriksa rincian tugas pengujian. Kamu juga perlu memiliki komunikasi terbaik. Respons cepat untuk setiap pesan dari bos. Jaga pesan tetap jelas, singkat, dan benar.

3. Kesadaran Waktu

Karena kamu mungkin akan bekerja di wilayah yang berbeda zona waktu, mungkin juga tidak semua, dari tim, kamu harus ekstra sadar akan zona waktu. Dan, karena kerja jarak jauh terkadang membuat sulit untuk mengetahui apa yang rekan kerja lakukan pada saat tertentu, kamu juga harus peka dalam menggunakan waktu mereka. Ketika  berbicara dengan calon majikan, pastikan menghormati batasan waktu yang ditentukan.

4. Proaktif

Sebagai pekerja jarak jauh, kamu tentu akan bekerja sendiri hampir setiap waktu dan tidak akan memiliki petugas untuk meminta bantuan cepat. Itu sebabnya pengusaha ingin sekali merekrut orang yang mandiri.

Tekankan inisiatif itu ketika melamar pekerjaan jarak jauh. Dan juga mencari peluang untuk menunjukkan kemandirianmu selama proses pencarian pekerjaan. Misalnya, jika kamu melamar menjadi perancang web, coba kirim mock-up desain ulang blog perusahaan dengan aplikasimu.

Baca tiga skill lainnya di halaman berikut>>

Leave a Reply