TopCareerID

10 Aplikasi Penunjang Kerja dari Rumah karena Wabah Corona

Dok. Incarabia

Topcareer.id – Pandemi corona memaksa sejumlah perusahaan melakukan kebijakan kerja dari rumah atau work from home.

Jika hal itu sedang kamu alami hari ini, kamu perlu memaksimalkan produktivitas sehingga bisa mencapai keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

Banyak tools pendukung yang bisa bikin kamu makin asyik kerja dari rumah. Semuanya hadir dengan versi gratis atau menawarkan opsi berbayar dengan harga terjangkau.

Seperti dikutip dari Venturehrbour.com, Selasa (17/3/2020), berikut ini tools yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan alur kerjamu, mengesankan atasan, dan mengubah kerja jarak jauh menjadi menyenangkan.

Baca juga: Bukan Rebahan, Ini 7 Skill Wajib Saat Kerja dari Rumah

1.Serene (Mac)
Serene adalah aplikasi gratis untuk OS Mac yang membantumu mencapai produktivitas maksimum setiap hari. Serene mendorong untuk menetapkan satu tujuan harian dan tetap fokus untuk mencapainya sepanjang hari. Serene memblokir akses ke situs web dan aplikasi yang mengganggu selama sesi kerja sambil membungkam ponsel kamu.

Fitur utama Serene
Website blocker, App blocker, Distraction-free sessions, Session timer, To-do lists, Day planner, Focus music, Phone silencer. Konsep aplikasi ini sangat baik sehingga ada seluruh metode produktivitas yang dikembangkan di sekitarnya seperti Teknik Pomodoro.

Serene membagi hari kamu menjadi serangkaian sesi kerja pendek dan istirahat reguler, memberimu fokus maksimal saat bekerja dan istirahat yang cukup untuk menjaga pikiran segar sepanjang hari.

2. Slack (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Slack adalah platform berkirim pesan yang dirancang untuk tim dan merupakan alat komunikasi yang ideal untuk pekerja jarak jauh. Pengolahan pesan instan diatur ke dalam channel di mana anggota tim dapat bergabung dan pergi sesuai kebutuhan, sehingga tidak ada yang menerima pesan atau pemberitahuan yang tidak relevan dengan mereka.

Fitur utama Slack
Instant messaging, Status, File sharing, Drag-and-drop file sharing for PDFs, images, videos and other common files types, Voice & video calls, Screen sharing.

Manfaat nyata Slack adalah untuk pekerja jarak jauh yang perlu berkolaborasi dengan anggota tim di lokasi lain, salah satu masalah paling umum yang dikutip oleh pekerja jarak jauh.

Baca juga: Cegah Corona: Bagaimana Meeting Efektif Saat Kerja dari Rumah?

3. Zoom (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Zoom menawarkan rangkaian lengkap konferensi video dan alat komunikasi untuk bisnis. Produk ini paling menonjol pada fitur Zoom Meetings & Chat, yang menawarkan panggilan video dan suara untuk rapat anggota dari jarak jauh.

Fitur utama Zoom
Video meetings, Voice calls, Webinars, Messaging, File sharing, Rapat video

Versi gratis Zoom, cukup untuk sebagian besar tim kecil. Hanya perlu meningkatkan ke versi berbayar jika rapat berlangsung lebih dari 40 menit.

4. Chrome Remote Desktop (iOS, Android, ekstensi Chrome)
Chrome Remote Desktop memungkinkan kamu mengakses komputer dengan aman dari ponsel, tablet, atau komputer lain. Pada dasarnya, ini berarti kamu dapat mengakses mesin kerjamu dari mana saja, kapan saja tanpa khawatir tentang risiko keamanan.

Fitur utama
Remote access, Remote support, Screen share

Fungsi kunci lainnya dari Chrome Remote Desktop adalah untuk menghubungkan perangkat kamu dengan sesama rekan tim. Ini berarti kamu dapat memberikan akses ke komputermu dan menerima dukungan jarak jauh, memungkinkan kolega untuk melihat layar kamu dan mengendalikan komputermu untuk menyelesaikan masalah teknis.

5. Toggl (Windows, Mac, iOS, Android, Chrome, Firefox)
Toggl adalah aplikasi pelacakan waktu yang menunjukkan berapa banyak waktu yang bisa kamu habiskan untuk tugas. Dirancang untuk pekerja jarak jauh sejak awal dengan gagasan membantu freelancer memastikan mereka menagih secara akurat untuk proyek dan dibayar untuk jumlah waktu yang dihabiskan untuk proyek.

Fitur utama
Time tracking, Boost profits, Reports, Cross-platform

Jika kamu adalah pekerja perusahaan jarak jauh, maka Toggl bisa membantu meningkatkan produktivitas dengan menentukan tugas yang membutuhkan waktu lebih lama dari seharusnya. Ini juga akan meningkatkan perencanaan proyek dengan melacak berapa lama tugas individu dan kolektif benar-benar diperlukan untuk diselesaikan.

Lihat pilihan aplikasi lainnya di halaman berikut>>

6. Spark (Mac, iOS, Android)
Spark adalah klien email cerdas yang secara otomatis mengumpulkan dan mengategorikan email dari setiap akun. Ini juga memungkinkan kamu untuk memprioritaskan Email yang paling penting dan menyaring Email yang tidak.

Fitur utama
Smart inbox, Smart notifications, Assign emails, Team email, Send emails later, Reminders

Spark juga mengemas banyak alat kolaborasi, memungkinkan anggota tim untuk bekerja pada email yang sama dari jarak jauh, secara real time. Versi gratis Spark akan lebih dari cukup untuk pekerja jarak jauh individual dan juga untuk tim kecil.

7. Google Drive (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Google Drive adalah alternatif cloud tanpa embel-embel untuk Microsoft Office tetapi dan lebih bermanfaat bagi pekerja jarak jauh. MS (Word, Excel, dll.) Secara teratur macet di Mac. Dengan Google Drive, masalah ini hilang. Namun satu-satunya kelemahan nyata adalah kamu benar-benar harus online untuk menggunakan Google Drive dan Google Documents.

Fitur utama
Documents, Cloud storage, Collaboration.

Bagi sebagian besar pekerja jarak jauh, versi gratis Google Drive lebih dari cukup. Ruang standar 15GB disediakan secara gratis. Jika ingin lebih besar, kamu bisa meningkatkannya menjadi G Suite, yang pada dasarnya adalah Google Drive untuk bisnis.

Baca juga: Bekerja dari Rumah Lebih Efektif Buat Wanita . Ini Penjelasannya

8. Calendar (iOS, Android, aplikasi web)
Meskipun Google Kalender adalah kalender digital gratis yang hebat, ia tidak menyediakan beberapa fitur canggih yang biasanya dibutuhkan pekerja jarak jauh. Alternatif yang lebih kaya fitur adalah aplikasi Calendar yang bisa menghubungkan semua kalender kamu ke satu interface.

Fitur utama
One calendar, Synced events, Easy scheduling, Analytics, Meeting transcriptions

Selain mengintegrasikan semua aplikasi kalender kamu, fitur unggulan Calendar adalah caranya menangani rapat. Daripada mengatur obrolan video atau pertemuan lainnya dengan email yang memusingkan, Calendar memungkinkan siapa saja untuk memilih dan memesan waktu rapat selama jam ketersediaan sambil memastikan tidak ada konflik dengan rapat atau tugas yang ada.

9. Zapier (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Zapier adalah alat otomatisasi sederhana yang akan menghemat waktu tanpa henti untuk tugas yang berulang. Pada dasarnya, Zapier mengirim data antara aplikasi seperti Gmail dan Google Drive sehingga lampiran email diunggah secara otomatis untuk akses jarak jauh.

Fitur utama
Integrate apps, Automate tasks, Zaps, Custom automations.

Otomasi adalah alat yang paling penting untuk memaksimalkan produktivitas dan Zapier adalah pengantar termudah yang akan kamu masuki dalam teknologi yang penting. Meskipun sederhana, banyak waktu yang bisa kamu hemat dengan Zapier. Bagaimanapun, waktu adalah uang.

10. Daywise (Android)
Serene bisa memblokir gangguan saat kamu bekerja, tetapi kekhawatiran terbesar yang dikutip pekerja jarak jauh adalah sulit menutup aplikasi pekerjaan sehingga memakan banyak waktu. Daywise memungkinkan untuk melakukan ini dengan menjadwalkan opsi otomatis pada aplikasi tertentu.

Fitur utama
Schedule notifications, Batch scheduling, Inbox, VIPs, Phone usage reports.

Daywise mengendalikan notifikasi telepon dan mencegahnya menghalangi pekerjaan sementara juga mencegah pekerjaan menghalangi kehidupan pribadi. Satu-satunya kekurangan adalah bahwa aplikasi ini hanya tersedia di ponsel Android. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version