Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Sukses Wawancara Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona

Topcareer.id – Akibat virus corona yang mewabah ke ratusan negara di seluruh dunia, perekonomian memburuk, termasuk bisnis perusahaan kecil ataupun besar. Hal ini berpengaruh pada tenaga kerja juga proses rekrutmen.

Memang, dalam beberapa kasus, virus baru ini memicu permintaan baru untuk profesi yang berhubungan dengan penyakit menular, menurut situs pekerjaan Glassdoor.

Tercatat lebih dari dua kali lipat penempatan pekerjaan dengan kata kunci yang terkait dengan coronavirus bulan ini, terutama di dalam pemerintahan, perawatan kesehatan, biotek dan obat-obatan.

Namun, langkah-langkah yang bertujuan mengatasi wabah, seperti social distancing  dan kebijakan bekerja dari rumah, mengharuskan perusahaan untuk kreatif dengan proses rekrutmen mereka. Banyak dari mereka yang beralih ke metode virtual, seperti panggilan konferensi video.

“Dalam upaya untuk mengurangi beberapa dampak jangka panjang COVID-19 pada bisnis mereka, perusahaan beralih ke teknologi untuk mempertahankan kelangsungan bisnis selama masa ketidakpastian ini,” kata manajer komunitas Glassdoor, Jo Cresswell, kepada CNBC Make It.

Baca juga: Cara Memenangkan Wawancara Kerja Via Telepon

Jika diingat kembali, memang ada kenaikan wawancara via video beberapa tahun terakhir berkat kemajuan teknologi. Periode tekanan ekonomi dan sosial sebelumnya juga telah mendorong lonjakan perekrutan jarak jauh, misalnya selama krisis keuangan global 2008.

“Kami melihat pertumbuhan pesat teknologi wawancara selama resesi terakhir, itulah sebabnya saya tidak terkejut kita mulai melihat lonjakan minat untuk mempekerjakan tim selama wabah virus corona,” kata Peter Baskin, kepala produk rekrutmen jarak jauh platform Modern Hire.

Namun, itu menandai era baru bagi pewawancara dan orang yang diwawancarai. CNBC Make It berbicara kepada para ahli dari Glassdoor dan Modern Hire guna mengetahui tips terbaik mereka untuk sukses dalam wawancara kerja virtual.

Baca juga: Cegah Corona: Bagaimana Meeting Efektif Saat Kerja dari Rumah?

Tips untuk kandidat

Uji teknologi yang kamu miliki. Pastikan koneksi internetmu aman dan program konferensi video berfungsi baik sebelum wawancaramu berlangsung.

Berpakaian dengan benar. Berpakaian baik untuk sukses tidak kalah pentingnya untuk wawancara jarak jauh. Berpakaianlah dengan cerdas, seperti yang kamu lakukan untuk wawancara langsung, dan pastikan lingkungan di sekitarmu rapi.

Persiapkan diri. Kerjakan pekerjaan rumah seperti yang kamu lakukan untuk wawancara tatap muka pada umumnya. Latih tanggapanmu terhadap pertanyaan wawancara utama dan siapkan pertanyaanmu sendiri untuk pewawancara.

Siapkan kepribadian. Lakukan kontak mata, sering-seringlah tersenyum dan secara umum terlibat dengan pewawancara untuk menunjukkan antusiasmemu terhadap peran tersebut.

Hilangkan gangguan. Pastikan kamu sepenuhnya terlibat dengan pewawancara. Jadi, hilangkan semua gangguan, termasuk ponsel cerdasmu.

Tindak lanjut. Kirim catatan tindak lanjut kepada pewawancaramu, berterima kasih atas waktu mereka.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply