Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

4 Tips Work From Home dari Kemnaker

Ilustrasi. (dok. Medium)

Topcareer.id – Sejak meningkatnya penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia, Pemerintah mengimbau seluruh masyarakat melakukan social distancing untuk menekan penyebaran virus. Salah satunya dengan cara Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Langkah ini disambut baik oleh banyak lembaga dan perusahaan yang langsung menjalankan imbauan tersebut.

Terkait hal itu, Kementerian Ketenagakerjaan melalui Instagram resminya, @kemnaker membagikan beberapa tips dalam bekerja dari rumah. Apa saja ya kira-kira?

Siapkan spot kerja terbaik
Ciptakan ruang paling nyaman agar bisa fokus bekerja. Pilihlah spot terbaik yang ada di rumah untuk menempatkan posisi meja dan laptop. Ada baiknya menempatkan spot kerja dekat dengan jendela, agar dapat sesekali melihat pemandangan ketika merasa jenuh.

Siapkan koneksi internet yang stabil
Sediakan koneksi internet yang kuat untuk meminimalisir terjadinya hambatan saat sedang mengerjakan tugas. Gunakan router yang bagus untuk memastikan koneksimu bekerja dengan baik. Pilihan lainnya, kamu bisa siapkan hotspot WiFi.

Siapkan pakaian untuk meeting via Video Call
Persiapkan pakaian dengan mode semi formal dan selalu bersihkan spot kerjamu. Karena bisa saja atasanmu mendadak mengajak meeting penting menggunakan video call.

Ketika melakukan video call, jangan duduk dengan latar belakang jendela. Sebaiknya, duduklah menghadap jendela untuk mendapatkan cahaya penerangan yang baik.

Siapkan jadwal kerja
Buat to do list pekerjaan setiap hari yang berisikan uraian tugas dan deadline penyelesaiannya. Hal ini bermanfaat untuk menghindari adanya tugas yang terlewatkan.

Meskipun tak ada atasan di depanmu, tetaplah bekerja dengan baik. Manfaatkan WFH untuk membuktikan pada atasanmu bahwa kamu merupakan pekerja yang penuh tanggung jawab.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply