Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, August 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Do and Donts saat Video Conference

Sumber foto: attune.com

Topcareer.id – Negara saat ini menganjurkan untuk Working From Home (WFH) atau bekerja dari rumah guna menekan peneyebaran virus corona Covid-19.

Kondisi ini secara tak langsung membuat konferensi video menjadi salah satu komponen penting untuk menjaga bisnis tetap berjalan.

Mengutip entrepreneur.com, Rabu (18/3/2020), berikut hal-hal yang harus dilakukan (Dos) dan yang jangan dilakukan (Don’ts) saat melakukan konferensi video dari rumah.

Do:

  • Silent mikrofon kamu setiap kali kamu tidak berbicara, walaupun kamu sendirian di kamar. Kebisingan latar belakang bisa menjadi gangguan
  • Pastikan lampu ruangan menyala dengan baik. Gunakan cahaya alami dari jendela atau nyalakan lampu overhead di ruangan untuk mencerahkan konferensi video
  • Kenakan pakaian yang sesuai. Tetap gunakan pakaian kerja, sebab kamu tidak pernah tahu apakah kamera kamu akan tiba-tiba jatuh dan kamu jadi terlihat hanya menggunakan celana pantai. Kamu bisa dianggap tidak profesional.
  • Uji mikrofon sebelum panggilan video, terutama jika ini merupakan pertemuan penting.

Don’t:

  • Memposisikan kamera terlalu rendah, terlalu tinggi atau terhubung ke monitor yang berbeda. Sudut kamera yang aneh bisa sangat mengganggu dan tidak menarik selama panggilan konferensi video.
  • Memeriksa atau baca email atau menelusuri artikel saat panggilan video berlangsung. Ini juga termasuk melakukan pekerjaan tambahan di luar panggilan. Kamu akan terlihat tidak fokus.
  • Membiarkan background ruangan kamu kotor. Dinding kamar yang kotor dan adanya tumpukan gelas dan piring bekas pakai di atas meja kerja akan membuat peserta lain merasa tidak nyaman.
  • Terlalu sering melihat diri sendiri. Anggota lain akan merasa kamu tidak 100 persen hadir jika terlalu fokus melihat dirimu sendiri dalam video saat kamu berbicara

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply