Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Januari 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jutawan Ini punya Saran Jitu untuk Pebisnis Kecil yang Terdampak Corona

Mark Cuban (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Tak hanya bisnis skala besar, pemilik usaha kecil pun kelimpungan dengan imbas virus corona COVID-19 yang menyerang perekonomian dunia. Pengusaha yang juga miliarder, Mark Cuban menjawab pertanyaan dari pemilik usaha kecil tentang apa yang harus dilakukan selama wabah virus corona.

Berbagi lewat LinkedIn, Cuban vokal berbicara tentang pentingnya mendukung bisnis kecil selama periode ini. Ia memprioritaskan pada isu tentang bagaimana menghindari PHK dan pengurangan jam kerja. Posnya memiliki lebih ribuan komentar.

1. Bereksperimenlah dengan ide-ide baru

“Jika kamu dapat menemukan layanan lain untuk ditawarkan, lakukan itu,” tulis Cuban dalam menanggapi pertanyaan khusus tentang menghindari PHK di industri event, seperti pameran dagang, acara olahraga dan konser dibatalkan.

“Karena kamu memiliki lubang dalam jadwalmu, itu saat yang tepat untuk bereksperimen dengan lini bisnis baru dan melihat apa yang ada.”

Dia juga merekomendasikan brainstorming tidak hanya dengan rekan kerja, tetapi juga dengan pesaing. Menurut dia, para pesaing pun berada di kapal yang sama di kondisi sekarang. Cobalah mencari cara terbaik untuk menyalakan kembali industri ini.

“Kota-kota ingin merebut kembali bisnisnya juga. Saya menduga bahwa kota-kota yang tidak terpukul keras mungkin lebih agresif dan memiliki lebih banyak dana untuk mencoba menarik pertunjukan dan acara. Tentu saja bekerja dengan promotor dan tetap berhubungan dengan mereka.”

Baca juga: 5 Perusahaan Teknologi Dunia Rugi Rp 6.082 Triliun Karena Corona

2. Benar-benar mengenali karyawan

Cuban merekomendasikan CEO dan manajer meluangkan waktu untuk memahami keadaan individu karyawan mereka, terutama jika mereka akan memotong jam kerja atau memulai PHK.

“Jika kamu perlu mengubah keadaan, kamu dapat membuat keputusan berdasarkan keadaan masing-masing karyawan,” tulisnya.

3. Bereskan bagian bisnis yang selama ini kamu abaikan atau belum punya waktu

Kontrol apa yang bisa dikontrol. Ia menyampaikan, daripada berfokus pada seberapa buruknya imbas, fokuslah pada bagaimana kamu dapat menggunakan waktu ini untuk terhubung dengan pelanggan masa depanmu.

“Ini juga saat yang tepat untuk membereskan semua kekacauan kecil yang dimiliki setiap bisnis kecil. Setiap orang memiliki hal-hal yang mereka harap dapat mereka lakukan kembali. Sekarang adalah waktunya untuk melakukan perubahan itu.” *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan