Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lawan Corona, Ini 14 Makanan Alami Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi. (dok. True Elements)

Topcareer.id – Di tengah wabah corona yang merebak, sangat penting menjaga kekebalan tubuh. Caranya mudah. Memberi makan tubuh kamu dengan makanan tertentu yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi toko bahan makanan lokal dan rencanakan asupan makanan terbaik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Mengutip Healthline.com, berikut ini jenis-jenis makanan yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Baca juga: Bisa Jadi Obat Corona, Ridwan Kamil Minta Perguruan Tinggi Riset Tanaman Kina

1.Jeruk
Kebanyakan orang beralih ke vitamin C setelah masuk angin. Itu karena membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih. Ini adalah kunci untuk memerangi infeksi.

2. Paprika merah
Mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Mereka juga sumber beta karoten yang kaya. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, beta karotennya membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Brokoli
Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran tersehat. Kunci untuk mempertahankan kekuatannya adalah memasaknya sesebentar mungkin – atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.

4. Bawang putih
Diakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sifat meningkatkan kekebalan tubuh dari bawang putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

5. Jahe
Jahe dapat membantu menyembuhkan peradangan, sakit tenggorokan dan penyakit lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi mual. Jahe juga bisa digunakan untuk membentengi diri dari serangan virus corona. Sifatnya yang memerangi gejala-gejala infeksi dari virus corona membuat jahe populer sejak virus corona semakin meluas penyebarannya.

6. Bayam
Selain vitamin C, bayam juga dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh.

7. Yogurt
Cari yogurt yang memiliki “Live and active cultures” yang tercetak di label, seperti yogurt Yunani. Kultur ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan penyakit. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

8. Almond
Vitamin E pada almond adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak. Kacang-kacangan seperti almond, dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat.

9. Kunyit
Rempah kuning pahit ini juga telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai antiinflamasi dalam mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Konsentrasi tinggi curcumin yang memberikan kunyit warna khasnya, dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga.

10. Teh hijau
Baik teh hijau dan hitam dikemas dengan flavonoid, sejenis antioksidan. Di mana teh hijau benar-benar unggul adalah dalam kadar epigallocatechin gallate, atau EGCG, antioksidan kuat lainnya. EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

11. Pepaya
Pepaya adalah buah lain yang mengandung vitamin C. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti inflamasi. Buah ini juga memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup dan bermanfaat bagi kesehatan.

12. Kiwi
Secara alami penuh dengan banyak nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga agar seluruh tubuh berfungsi dengan baik.

13. Daging ayam
Kaya akan vitamin B-6. Sekitar 3 ons kalkun ringan atau daging ayam mengandung 40 hingga 50 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan. Vitamin B-6 adalah pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat.

14. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari penuh nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6. Mereka juga sangat tinggi vitamin E, antioksidan kuat. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply