Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sudahkah Kamu Bersyukur Hari Ini?

Ilustrasi. (dok. NewRetirement)

Topcareer.id – Kapan terakhir kamu merasa bersyukur atas hidup yang tengah dijalani saat ini?

Mungkin pekerjaan yang kamu lakukan saat ini bukan impian kamu. Atau, mungkin kompensasinya masih jauh dari harapan. Tapi, apa dengan begitu kamu tak layak bersyukur? Tengok orang lain. Mungkin ada yang punya pekerjaan impian atau gaji besar, namun saat ini tengah dapat cobaan lain.

Untuk itu kamu perlu tetap bersyukur. Penelitian yang dilakukan Robert Emmons menunjukkan manfaat mengekspresikan apresiasi dan rasa syukur.

Dalam studinya beberapa tahun silam, Robert menyebut orang-orang yang menulis rasa syukur dalam jurnalnya setiap minggu punya kecenderungan lebih optimistis, lebih sedikit bermasalah dalam hal fisik, dan lebih banyak melakukan latihan fisik.

Hasil ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat banyak agama yang mempraktekkan rasa syukur sebagai salah satu kebiasaan yang baik.

Baca juga: Teknologi Pangkas Tenaga Kerja, Budaya Kerja dan Organisasi

Dengan manfaat positif yang disebut Robert, mengapa tidak berlatih mengucap rasa syukur mulai sekarang?

Berikut 5 saran yang diberikan Jonathan Kaplan, PhD, pendiri Urban Mindfulness sekaligus Direktur Program Manajemen Stres di American Institute for Cognitive Therapy, New York City.

Pertama. Pertimbangkan apa yang layak kamu syukuri sepanjang tahun lalu
Tuliskan 10 hal sambil melengkapi kalimat “Saya merasa bersyukur atas …”. Apa pun yang ada dalam daftar kamu, tidak harus sesuatu yang besar. Hal-hal remeh kadang kala terabaikan.

Tak usah bersyukur atas keberadaan dunia tempat kamu hidup, namun ada baiknya kalimat kamu merefleksikan apa yang benar-benar dirasakan, bukan yang semestinya dirasakan. Mungkin kamu butuh waktu untuk merenung sebelum benar-benar memutuskan apakah yang nanti dituliskan itu layak atau tidak.

Kedua. Berbagi rasa syukur bersama teman dan kerabat
Luangkan waktu untuk mendiskusikan apa-apa saja yang patut disyukuri tahun lalu bersama kerabat dan teman-teman. Berbagi rasa seperti ini bukan hanya makin mengakrabkan, tapi juga menjadi saat-saat berharga karena adanya ungkapan apresiasi secara langsung. Percaya atau tidak, ungkapan yang diucapkan di hadapan orangnya, akan terasa lebih bermakna.

Baca langkah ketiga-kelima di halaman berikutnya>>

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan