Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Juni 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Survive Hadapi Serangan Anjing Buas

Ilustrasi: cesarsway.com

Topcareer.id – Banyak hal yang bisa terjadi saat kita sedang di luar rumah. Beberapa di antaranya bahkan tak pernah kita pikirkan. Misalnya dihadang oleh anjing buas.

Terlepas dari reputasinya sebagai sahabat manusia, beberapa dari mereka masih ada yang memiliki sifat agresif, dan bahkan tak ragu untuk mengejar atau menyakiti kita.

Dalam kondisi ini, akan sulit bagi kamu untuk membuka handphone dan mencari tahu apa yang harus dilakukan. Karena itu, pelajari langkah-langkah dari Bright Side di bawah ini sebagai bekal informasi jika suatu hari harus menghadapinya.

Bersikap tenang
Perlu diketahui, seekor anjing akan sangat mudah terpancing dengan gerakan cepat. Sifat agresifnya juga bisa terpicu jika keberadaan kamu terasa mengancam dirinya, wilayahnya, atau sesuatu yang ia lindungi.

Karena itu, kalau kamu (harus) berpapasan dengannya, cobalah untuk bersikap setenang mungkin. Jangan terlihat ragu apalagi memilih lari secara mendadak.

Ingat, stamina dan kecepatan anjing dalam berlari rata-rata cukup tinggi. Jadi pastikan tubuh kamu dalam kondisi yang fit sebelum ‘menantangnya’ main kejar-kejaran.

Agar ia tidak melihat kita sebagai ancaman, cobalah untuk menghindari kontak mata dengannya. Kamu juga bisa mencoba berdiri menyamping di depannya, sehingga terlihat ramping dan tak nampak sebagai sesuatu yang berbahaya.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba melemparkan sesuatu ke arah yang cukup jauh. Selama tidak dilempar ke arah anjingnya, cara ini memiiki potensi untuk mengalihkan perhatiannya.

Jika cara ini juga gagal, cobalah mengusirnya dengan mengucapkan kata ‘pergi’ dengan tegas. Jangan lupa, pertahankan sikap tenang saat mengatakannya.

Yang harus dilakukan saat diserang
Semoga saja tidak terjadi. Tapi kalau anjing buas itu tetap menyerang, pertahankan diri kamu sebaik mungkin sambil berteriak meminta pertolongan.

Kepalkan tangan agar jari-jarimu terlindung dari gigitannya. Selalu lindungi bagian wajah dan leher kamu selama serangan terjadi. Jangan biarkan ia menggigit bagian-bagian tersebut karena bisa berakibat fatal.

Jika ingin melawan balik, kamu bisa memukul bagian hidung, leher, atau kepala bagian belakangnya. Hantaman yang keras akan membuatnya mundur dan memberikan kesempatan bagi kamu untuk menyelamatkan diri.

Yang perlu kamu sadari, senjata utama anjing adalah gigitannya. Kendalikan itu dengan cara menekan lehernya. Gunakan berat badanmu untuk mengunci pergerakannya hingga bantuan datang, atau sampai ia mengalah dan melarikan diri.

Segera ke dokter
Begitu berhasil menyelamatkan diri dari serangan brutal tersebut, segera periksakan diri kamu ke dokter. Laporkan apa yang kamu alami ke pihak berwajib supaya penyerang kamu itu dapat segera ditangani dan tak menyerang orang lain.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan