Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Saran WHO untuk Tetap Sehat Fisik dan Mental Selama Masa Karantina

Ilustrasi. (dok. Business Insider)

Topcareer.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berbagi rekomendasi untuk tetap sehat secara fisik dan mental selama hidup dalam karantina maupun melakukan social distancing dalam memerangi virus corona COVID-19. Pesan WHO yang utama adalah jangan merokok, batasi minum alkohol, olahraga, dan berusaha tak terlalu banyak nonton berita.

Virus corona baru yang berasal dari Wuhan, China kurang dari tiga bulan lalu telah menyebar dan menginfeksi ke lebih dari 300.000 orang di hampir setiap negara di dunia.

Lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia hidup di bawah dalam social distancing ketika pejabat publik berjuang untuk menahan wabah COVID-19 yang telah merenggut lebih dari 12.000 jiwa.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada Jumat (20/3/2020) bahwa WHO akan meluncurkan saran dalam beberapa minggu mendatang tentang bagaimana untuk tetap sehat dan mengatasi krisis.

Baca juga: Pandemi Corona Pukul Ekonomi,CEO di Seluruh Dunia: Badai Pasti Berlalu

“Selama masa sulit ini, penting untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Ini tidak hanya akan membantumu dalam jangka panjang, itu juga akan membantumu melawan COVID-19 jika kamu terinfeksi virus,” kata Tedros. Berikut saran WHO selama masa karantina maupun social distancing:

– Makan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

– Batasi alkohol dan minuman manis.

– Jangan merokok. Ini dapat memperburuk gejala COVID-19 dan meningkatkan risiko sakit parah.

– Berolahraga setidaknya selama 30 menit sehari untuk orang dewasa dan satu jam sehari untuk anak-anak.

– Jika kamu diizinkan, coba pergi ke luar, berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda sambil menjaga jarak aman dari orang lain.

– Jika tidak dapat meninggalkan rumah, coba berdansa, melakukan yoga atau berjalan naik dan turun tangga.

– Orang yang bekerja dari rumah tidak boleh duduk terlalu lama di posisi yang sama.

– Beristirahat 3 menit setiap 30 menit.

– Jauhkan pikiranmu dari krisis. Dengarkan musik, baca buku, atau main game.

“Adalah normal untuk merasa stres, bingung dan takut selama krisis. Berbicara dengan orang yang kamu kenal dan percaya dapat membantu,” kata Tedros, seperti dikutip dari CNBC.

“Dan cobalah untuk tidak membaca atau terlalu banyak menonton berita jika itu membuatmu cemas. Dapatkan informasi dari sumber terpercaya sekali atau dua kali sehari.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply