Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Tips Tetap Sehat Saat Work From Home

Ilustrasi. (dok. Evening Standard)

Topcareer.id – Untuk menekan penyebaran virus corona, pemerintah telah meminta setiap warga negara untuk melakukan social distancing, salah satunya dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

WFH memang nyaman, namun ada gangguan kesehatan yang mengancam, seperti camilan yang tak ada habisnya, serta kurangnya alasan teknis untuk meninggalkan tempat tidur atau sofa.

Mengutip elemental.medium.com, Senin (23/3/2020) Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk memastikan kamu tetap sehat.

Tetap aktif menggunakan “Teknik Pomodoro”
Meski terkurung di dalam rumah sepanjang hari dapat membuatmu malas melangkah, kamu tetap harus menyediakan waktu bagi tubuhmu untuk bergerak. Gunakan teknik pomodoro di mana kamu bisa mengatur timer selama 1 jam untuk fokus dan kemudian break 10 menit. Lakukan olahraga ringan setiap kali break. Cobalah push-up, crunches, squat, atau berjalan kaki di dalam rumah, apa pun yang membuatmu menggerakkan tubuh itu baik.

Buat rutinitas dan pertahankan koneksi sosial untuk kesehatan mental
Salah satu cara untuk menjaga kewarasan adalah berbicara dengan manusia lain. Aplikasi seperti Slack atau Google Hangouts sangat bagus untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka dengan orang lain.

Obrolan ringan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan bisa membantu memelihara kesehatan saat WFH karena bisa menekan stres dan kebosanan. Namun, pastikan untuk menetapkan batas waktu, jangan sampai berlebihan dan mengganggu produktivitas.

Buat ruang kerja yang ergonomis
Salah satu cara terbaik untuk mempertahankan batas kerja dan rumah adalah dengan menetapkan area khusus. Saat kamu berada di area itu, berarti kamu sedang bekerja.

Jonathan Cinkay, seorang ahli terapi fisik dan koordinator mekanika tubuh di Rumah Sakit untuk Bedah Khusus di New York, mengatakan bahwa fondasi ergonomis terbaik adalah pengaturan meja dan kursi di mana siku kamu dapat ditekuk hingga 90 derajat, yang berarti kamu tidak duduk terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Jika kursi tidak dapat disesuaikan, kamu bisa berimprovisasi dengan bantal. Bagian atas monitor harus sejajar mata sehingga leher kamu tidak tegang.

Snack sehat
WFH sambil mengonsumsi beragam camilan memang asyik banget. Namun, pastikan camilan yang kamu konsumsi adalah camilan yang sehat. Buah-buahan seperti apel dan jeruk juga baik dibandingkan bolak-balik menghabiskan snack potato chips.

Ingat, pertahankanlah kebiasaan sehat, keseimbangan, dan kewajaran saat WFH. Bersikap baiklah terhadap diri sendiri dengan menjaga kesehatan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply