Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kerjaan Tak Kunjung Selesai? Yuk, Ubah Cara Kerja Kamu

Ilustrasi. (dok. NYC Offices Suites)

Topcareer.id – Pernah enggak sih kamu merasa diberi pekerjaan yang seabrek dan tak kunjung selesai meski sudah mendekati jam pulang kerja.

Jika hal itu terjadi, mungkin ada yang salah di pengelolaan manajemen waktu kamu. Coba lakukan beberapa hal ini untuk mengefektifkan waktu kerja kamu.

Lihat kembali deskripsi pekerjaan
Dengan melihat kembali deskripsi kerja, kamu bisa memilih pekerjaan mana yang menjadi tanggung jawab kamu.

Mungkin selama ini kamu menghabiskan sebagian besar waktu kerja kamu untuk mengerjakan pekerjaan yang sebetulnya bukan tanggung jawab kamu. Karena itu, sebelum tugas utama kamu selesai, kurangi atau hilangkanlah aktivitas yang tidak berguna dan menghambat penyelesaian tugas kamu.

Buat daftar pekerjaan
Cobalah membuat daftar hal-hal yang harus kamu kerjakan, beserta progress dan deadline-nya. Ini berguna supaya tak ada pekerjaan yang terlewat karena terlupakan. Selain itu, atasan kamu juga jadi lebih mudah memonitor semua pekerjaan kamu.

Tentukan prioritas
Dari daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, tentukan mana yang akan menjadi prioritas. Lihatlah dari skala kepentingannya atau panjang waktu deadline-nya.

Tetapkan target pencapaian
Buatlah target harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Target dalam bentuk tertulis akan membantu kamu menyusun rencana dan strategi dalam mencapai apa yang menjadi tujuan kamu. Selain itu, daftar target ini juga akan selalu mengingatkan dan memacu semangat kamu untuk meraihnya.

Kerjakan sekarang juga
Kebiasaan buruk sebagian besar dari kita adalah menunda. Jika merasa masih jauh dari tenggat waktu, maka kita cenderung santai dalam mengerjakannya.

Sikap seperti ini harus dihindari jika kamu tidak ingin terbebani pekerjaan di saat-saat terakhir. Salah satu cara sederhana dalam manajemen waktu di tempat kerja adalah dengan mengerjakan tugas kamu sesegera mungkin.

Hindari hal yang bisa mengganggu konsentrasi
Jejaring sosial dan kebiasaan berselancar di dunia maya memang menyenangkan. Tapi aktivitas ini berisiko membuat kamu lupa waktu. Begitu juga dengan keberadaan partner kerja yang doyan mengobrol. Semua hal itu akan menyulitkan kamu untuk berkonsentrasi.

Jika tidak bisa dihindari, cobalah gunakan waktu istirahat kamu untuk menyelesaikan pekerjaan kamu tersebut. Ingat, tugas-tugasmu akan terus menumpuk jika tidak segera diselesaikan.

*Artikel ini pernah dimuat di majalah Topcareer edisi April 2012 dengan judul Efektifkan Waktu Kerja Anda.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply