Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jadilah Mentor yang Baik untuk Karyawan Baru! Ini Tipsnya

Sumber foto: chronus.com

Topcareer.id – Keberadaan mentor dapat membantu karyawan baru untuk mengasah bakat dan keterampilan, serta membuat mereka merasa lebih diinvestasikan dalam organisasi.

Saat karyawan baru merasa mendapatkan bantuan dan perhatian pribadi, kebahagiaan mereka dalam bekerja pun akan meningkat. Ini juga akan mendorong mereka untuk mau bertahan lebih lama.

Dikutip dari inc.com, Jumat (20/3/2020), berikut beberapa cara berbeda untuk menjadi mentor yang baik bagi karyawan baru.

Temukan koneksi unik
Jika kamu mencoba terhubung dengan karyawan melalui pendekatan satu ukuran untuk semua, kamu akan kesulitan untuk mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan setiap individu.

Untuk menjadi mentor yang hebat, kamu perlu fokus untuk menciptakan koneksi yang unik dengan amsing-masing anggota tim, bahkan jika itu berarti kamu memerlukan sedikit waktu ekstra untuk mengenal mereka.

Tetapkan mentor sebaya untuk orientasi
Tidak selalu mungkin untuk memberikan bimbingan pribadi ke setiap karyawan baru. Cobalah kenalkan karyawan baru dengan karyawan senior untuk dapat membimbing mereka melalui proses pelatihan dan orientasi.

Dorong dengan kritik yang membangun
Seorang mentor harus mendorong karyawan untuk menjadi lebih baik. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memberikan kritik dan saran yang membangun.

Hindari bersikap konstruktif tanpa terlebih dahulu menghargai kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan oleh karyawan baru tersebut.

Empati
Jika kamu dapat memahami tekanan, tantangan, dan kebutuhan yang dialami karyawan baru, baik di dalam maupun di luar tempat kerja, kamu akan dapat memberi mereka sistem dukungan yang lebih kuat.

Latihlah keterampilanmu dalam mendengarkan untuk meningkatkan empati.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply