Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Gara-Gara Corona, NASA Tunda Pengerjaan Roket ke Bulan

Sumber foto: European Space Agency

Topcareer.id – Virus corona COVID-19 membawa imbas besar ke berbagai sektor pekerjaan, bisnis, dan yang lainnya. Bahkan gara-gara virus ini, The National Aeronautics and Space Administration (NASA) menutup dua pusat ruang angkasa untuk membantu cegah penyebaran virus.

Badan antariksa Amerika Serikat mengatakan akan menangguhkan pekerjaan di fasilitas Michoud di New Orleans, tempat roket Bulan, atau Space Launch System, yang sedang dibangun.

Pusat Luar Angkasa Stennis di Mississippi, tempat pendorong roket yang sedang diuji, juga akan ditutup sementara. Ini bisa menunda misi NASA untuk mengirim astronot ke Bulan pada 2024.

AS sekarang memiliki lebih dari 11.000 kasus virus corona yang dikonfirmasi, termasuk satu kasus yang diketahui di Stennis Space Center NASA.

“NASA akan menghentikan sementara produksi dan pengujian Space Launch System dan perangkat keras Orion,” kata administratornya, Jim Bridenstine dikutip dari laman BBC.

Satu-satunya pekerja yang diizinkan di lokasi adalah mereka yang berurusan dengan keamanan dan infrastruktur kritis.

“Kami menyadari akan ada dampak terhadap misi NASA, tetapi ketika tim kami menganalisis gambaran lengkap dan mencoba mengurangi risiko, kami memahami bahwa prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan tenaga kerja NASA,” tambah Bridenstine.

“Tidak ada tim yang lebih siap untuk melakukan hal-hal sulit.”

Penundaan akan memengaruhi pembuatan dan pengujian Space Launch System and Orion, kapsul awak yang akan membawa astronot ke Bulan. NASA telah menetapkan tujuan pendaratan di Bulan berikutnya terjadi pada akhir tahun 2024.

Penerbangan uji coba tanpa astronot di atas pesawat, juga dapat ditunda hingga setelah 2021. Situs NASA lainnya, Kennedy Space Center di Florida, saat ini sedang beroperasi. Ini adalah rumah dari Perserverance yang dijadwalkan terbang ke Mars musim panas ini untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan sampel batuan dan tanah.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply