TopCareerID

Cara Jaga Kesehatan Selama Social Distancing dan di Rumah Saja

rutin olahraga bisa bikin jerawatan.

Ilustrasi. (dok. Zumper)

Topcareer.id – Selama pandemi COVID-19 saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan, baik fisik dan mental kamu. Namun social distancing dan harus berada di rumah terus menerus cukup menyulitkan untuk menjaga kesehatan.

Bagaimana kamu bisa menjaga stok makanan tetap cukup? Bagaimana kamu bisa berolahraga ketika terkurung di rumah? Bagaimana kamu bisa tidur ketika cemas tentang virus corona terus menghantui?

Mengutip Time.com, Kamis (26/3/2020), inilah cara untuk tetap sehat secara fisik dan mental sambil tetap menjaga jarak sosial selama wabah COVID-19.

Baca juga: Miliki Bentuh Tubuh Ideal Tanpa Susah-Susah Diet. Begini Caranya

Nutrisi
Carmen Byker Shanks, seorang profesor sistem pangan, nutrisi dan pangan berkelanjutan di Montana State University, mengatakan penting untuk memiliki rencana sebelum membeli bahan makanan. Untuk memastikan kamu mengambil hal-hal yang benar, dan menghindari panic buying. Shanks mengatakan ini waktu yang tepat untuk membeli produk segar. Beli buah-buahan dan sayuran, potong-potong dan masukkan ke dalam freezer, karena bisa digunakan selama berbulan-bulan mendatang.

Dia merekomendasikan sayuran dan pati yang kokoh seperti brokoli, kubis dan kentang manis juga bisa disimpan lama di luar lemari pembeku. Jika membeli makanan kaleng, kering, atau beku, pilih yang rendah lemak jenuh, garam, dan gula tambahan.

Carilah makanan dengan kurang dari lima gram tambahan gula per sajian, kurang dari 200 miligram garam per sajian dan kurang dari 1,5 gram lemak jenuh per sajian.

Byker Shanks menambahkan bahwa kebosanan dan stres makan adalah reaksi umum saat ini. Pertahanan terbaikmu terhadap itu adalah untuk mengakui bahwa itu terjadi, dan mencoba untuk secara produktif menyalurkan perasaan itu di tempat lain, seperti menuliskan perasaan atau membaca buku yang bagus.

Cari tahu tips lainnya di halaman berikut>>

Kebugaran
Kamu mungkin tidak dapat pergi ke gym, tetapi tidak apa-apa untuk berjalan, berlari atau bersepeda di luar lingkungan dekat rumah, selama kamu menjaga jarak yang aman, idealnya sekitar satu setengah sampai dua meter dari orang lain, kata Dr. Jennifer Lee, asisten profesor klinis kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat di Penn Medicine. Banyak gym dan instruktur kebugaran juga menawarkan kelas virtual saat ini, tambahnya.

Stres dan Tidur
Mengelola stres dan kecemasan sangat penting untuk tidur yang cukup, dan cukup tidur sangat penting untuk setiap aspek kesehatan kamu. Yoga dan meditasi adalah alat yang hebat untuk mengelola stres, dan itu dapat dilakukan di ruang kecil. Jamie Gold, konsultan desain kesehatan dan penulis buku Wellness by Design, juga menyarankan untuk menyisihkan area tertentu di rumah kamu yang bebas teknologi, kecuali mungkin untuk musik.

Dia merekomendasikan untuk mengisi area ini dengan hal-hal yang menenangkanmu, seperti selimut dan bantal favorit Anda, lilin beraroma dan tanaman rumah. Paparan yang berlebihan terhadap berita kekacauan akan menciptakan banyak kecemasan. Jika kamu bisa menciptakan ruang yang tenang untuk berefleksi itu akan membantu untuk menenangkanmu.

Baca juga: Saran Para Ahli Diet Saat Berbelanja Makanan Sehat

Jaga kebersihan
Penelitian menunjukkan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dapat hidup di permukaan plastik dan stainless steel selama 72 jam, kardus selama 24 jam dan tembaga selama empat jam. Sementara Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan kontaminasi permukaan tampaknya bukan cara utama penyebaran virus (sebaliknya, melalui tetesan pernapasan yang dikeluarkan oleh orang yang sakit), tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihan dengan lebih detail seperti membersihkan benda-benda seperti kenop pintu, pegangan tangga dan keran.

Sebagian besar pembersih rumah tangga dianggap bekerja dengan baik dalam membantu melawan virus corona menurut para ahli. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version