Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Lho Bahaya Disinfektan Disemprotkan Langsung ke Tubuh

Penyemprotan desinfektan pada tubuh. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Belakangan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat jadi bagian pencegahan penularan virus corona COVID-19. Bahkan, di Indonesia, disinfektan juga disemprot langsung ke tubuh, karena diyakini untuk mematikan virus dan kuman di sekitar pakaian dan tubuh.

Tapi, WHO Indonesia kemudian memberikan pernyataan agar tidak menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal tersebut malah bisa membahayakan. Pernyataan itu ditulis di akun Twitter resmi WHO Indonesia @WHOIndonesia, Minggu (29/3/2020), beserta ilustrasinya.

“#Indonesia, jgn menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pd permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dgn tepat!” cuit akun tersebut.

Baca juga: Buat Cairan Disinfektan Anti Corona Modal Rp 13 Ribu. Begini Caranya

Menurut WHO Indonesia, menyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Menyemprotkan bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (contoh: mata, mulut, dll).

“Ingat, alkohol dan klorin bisa berguna sebagai disinfektan pada permukaan, namun harus digunakan sesuai petunjuk penggunaannya,” lanjut WHO Indonesia.

Petunjuk ini juga sudah sesuai dengan WHO internasional yang tak menganjurkan penyemprotan disinfektan langsung ke tubuh.

Baca lanjutannya di halaman berikut>>

Leave a Reply