Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Buat Cairan Disinfektan Anti Corona Modal Rp 13 Ribu. Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. Growing up Herbal)

Topcareer.id – Meningkatnya jumlah korban akibat virus corona alias Covid-19 membuat masyarakat mencari informasi yang dapat membantu mereka terhindar dari virus yang telah memakan ribuan korban jiwa di berbagai negara tersebut.

Salah satunya adalah cara membuat disinfektan. Cairan ini mampu membunuh mikroorganisme seperti virus dan bakteri yang menempel pada benda mati yang terdapat di sekeliling kita. Jadi jangan menggunakan cairan ini untuk tubuh ya, hal itu dapat berbahaya.

Dilansir dari Instagram @Nahlashihab membagikan cara membuat cairan disinfektan dengan mudah dan murah.

Menurut adik dari presenter kondang Najwa Shibab kita hanya perlu menyiapkan cairan pemutih baju dan air. Untuk informasi tambahan, pemutih baju ini dapat kita beli seharga Rp13.000 di minimarket terdekat, lho.

Baca juga: Cuci Tangan Bisa Cegah Korona, Bagaimana dengan Hand Sanitizer?

Setelah sudah siap, kamu hanya perlu mencampurkan 95 ml cairan dengan 905 ml air bersih. Cairan disinfektanpun sudah bisa langsung kamu gunakan untuk disemprotkan ke benda-benda yang sering kita sentuh seperti gagang pintu, saklar lampu, telepon, remote tv, keran, jet shower, meja makan, sofa dan lain-lain sebanyak 2 kali dalam sehari terutama pagi dan sore hari.

Lalu kenapa harus dicampurkan dengan air? Dalam instagramnya Nahla menjelaskan bahwa cairan yang sering digunakan sebagai bahan bleaching atau pemutih ini mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentrasi 5,25%.

Sedangkan untuk bahan disinfektan hanya dibutuhkan natrium hipoklorit sebesar 0,5%. Jadi untuk mendapat ramuan yang sesuai, perlu adanya proses pengenceran. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply