Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Jangan Salah Kaprah, Ini Fungsi Berjemur yang Sebenarnya

Sumber foto: batamnews.co.id

Topcareer.id – Di tengah wabah covid-19, sangat penting bagi kita untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, jika kita memiliki imunitas tubuh yang lemah, maka virus corona akan lebih mudah masuk dan menyerang tubuh kita.

Selain dengan berolahraga dan makan makanan yang dapat meningkatkan imunitas, orang-orang juga percaya bahwa berjemur di pagi hari bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

Ahli Gizi sekaligus Pakar Nutrisi Indonesia, dr. Tan Shot Yen ternyata sependapat dengan hal itu. Ia menyatakan bahwa berjemur langsung di bawah terik matahari bisa meningkatkan imunitas tubuh.

“Dengan berjemur, kita bisa mendapatkan ultraviolet B. Ini menghasilkan pro vitamin D3 yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, hingga meminimalisir ibu hamil mengandung anak yang autistik.” ungkap dr Tan di kanal YouTube DAAI TV, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: 10 Kebaikan Sinar Matahari Pagi untuk Tubuh Kamu

Meskipun begitu, masih banyak yang salah kaprah mengenai berjemur. Menurutnya waktu yang tepat untuk berjemur pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB dengan durasi yang dibutuhkan antara 15-20 menit saja.

“Matahari pagi yang baik adalah jam 10. Di bawah jam 10, yang masuk ke permukaan bumi adalah gelombang matahari yang terpanjang, namanya ultraviolet A, yang justru dapat menyebabakan keriput dan kanker.” pungkasnya.

dr Tan menegaskan, berjemur bukanlah cara untuk mematikan virus yang ada di dalam tubuh, melainkan untuk mendapatkan vitamin D3 yang baik bagi kesehatan.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply